Tips menyeimbangkan antara karier dan keluarga ini sangat penting agar seseorang yang mengejar kariernya tidak sampai mengabaikan keluarganya.

Awal Mula Cerita

Sering sekali saya melihat ibu rumah tangga yang juga getol mengejar kariernya. Memanglah menjadi sebuah kebanggaan bagi siapa saja apabila ia berhasil dalam kariernya. Kebanggaan bagi dirinya sendiri, keluarga dan di hadapan masyarakat.

Baca juga: Manfaat Ketertarikan pada Orang Lain Menurut Dale Carnagie

Namun, pada saat yang sama barangkali keluarga akan terabaikan. Lantaran sibuk mengejar karier, tak jarang hubungan dengan anggota keluarga, putra-putri, suami, justru bermasalah.

Tentunya menjadi harapan setiap orang untuk mencapai keberhasilan baik di keluarga maupun kariernya. Namun, kedua hal ini seringkali tak bisa seiring sejalan, bukan?

Lantas, bagaimana agar karier bisa digapai, namun keluarga tak tercerai berai?

Pertama

libatkan pasangan dalam mengasuh anak. Saat pasangan terlibat, ia akan sedikit meringankan beban Anda, sehingga Anda tak mudah capek, lelah, dan stres.

Kedua

buatlah catatan pekerjaan atau kegiatan rutin lainnya. Jujur pada catatan tersebut, patuhi, dan jangan melanggar. Manakala terdapat waktu luang, sebaiknya jangan digunakan untuk mengobrol. Sayang sekali waktu yang terbuang itu karena sejatinya bisa dimanfaatkan untuk memberikan perhatian kepada anak.

Ketiga

tentukan prioritas pekerjaan dan fokus dalam menjalankannya. Segera lakukan pekerjaan yang dirasa sangat penting yang harus segera diselesaikan. Buatlah aturan bagi diri sendiri untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan keluarga. Hindari juga mencampur antara masalah keluarga dengan pekerjaan kantor.

Keempat

apabila memang terpaksa pekerjaan harus dibawa pulang ke rumah, hendaknya pekerjaan tersebut dapat diselesaikan dalam waktu sesingkat mungkin.

Kelima

bila tak sempat sarapan bersama, maka usahakan bisa makan malam bersama. Jadikanlah makan malam tersebut saat yang istimewa bersama putra-putri dan suami.

Keenam

jangan lupa untuk menjadwalkan waktu berlibur.

Selamat bekerja meniti jenjang karier dan berbahagia bersama keluarga, ya…. 😀

Tulisan ini adalah rangkuman dari Artikel di Fitur Klasika Koran Kompas, berjudul ‘Pentingnya Waktu bagi Karier dan Keluarga’.