Photo by Larry George II on Unsplash

Di tulisan sebelumnya, Anda sudah membaca bagaimana  caranya membuat podcast tanpa pendengar. 

Di tulisan ini, kita akan mencoba mencari tahu apa yang bisa dilakukan jika Anda sudah memiliki followers, calon pendengar, atau fans yang akan diubah menjadi para pendengar Podcast. 

Dengan modal followers yang sudah banyak di media sosial lainnya, maka kemungkinan besar Anda tidak akan mengalami kesulitan saat mengubahnya menjadi pendengar Podcast Anda nantinya. 

Namun begitu, tetap saja ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar podcast Anda dapat berhasil nantinya. 

Langkah tersebut adalah: 

  1. Undang dan ajak orang terkenal untuk hadir dan berbicara di Podcast Anda, misalnya tokoh yang pada saat Anda bikin podcast lagi menimbulkan kontroversi.
  2. Berikan saran yang mudah dilakukan oleh para pendengar untuk mengatasi persoalan mereka. 
  3. Diskusikan pertanyaan dari followers. Ini canggih banget menurut saya, Anda buat sesi tanya jawab, misalnya di Instagram, kemudian membahasnya di Podcast. Kayaknya bakalan seru, deh. 

Menurut suatu situs yang saya baca (maaf lupa lagi) kunci rahasia saat membuat Podcast adalah memiliki pembeda atau hal yang berbeda dari Anda dan tidak dimiliki oleh orang lain. 

Berapa lama podcast Anda? Ini tentu bergantung pada berbagai hal, tetapi durasinya berkisar antara satu menit hingga tiga jam. 

Sampai di sini, semoga Anda sudah memiliki ide akan membuat Podcast apa. 

Namun, jika upaya Anda masih belum berhasil, maka ada beberapa hal yang perlu disimak, yaitu: 

  1. Perlu kesabaran, karena membuat Podcast seperti kerja kreatif lainnya memerlukan waktu lama dan kesabaran. Ini seperti lari marathon dan bukan sprint, gaes. 
  2. Lakukan evaluasi, apakah ada podcast lain yang memiliki tema serupa dengan Anda? Apakah konten Anda cukup unik? Adakah orang yang menyampaikan bahwa podcast Anda berhasil membantu memecahkan persoalan mereka? 

Terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah membuat jaringan atau hubungan baik dengan para pendengar podcast Anda. 

Semoga Anda sukses ya, dengan podcast yang akan dibuat.