Tiga cara untuk meningkatkan kunjungan blog dan website Anda.
Tiga Cara Meningkatkan Kunjungan Blog dan Website Anda

Berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan performa dan kunjungan pada blog dan website Anda.

Pertama adalah Konten

Anda membutuhkan konten yang cukup dan dapat menarik perhatian pengunjung. Tentu saja konten yang sesuai dengan tema atau niche yang Anda bangun. 

Kemudian dari konten tersebut, para pengunjung bersedia untuk mengikuti website Anda. Konten ini ibarat isi dari sebuah toko. 

Jika blog atau website Anda diibaratkan seperti sebuah toko, maka konten tersebut haruslah menarik dan mengundang para pengunjung. Kemudian setelah mereka tertarik untuk datang, akhirnya mereka pun akan membeli atau menikmati apa yang disajikan di dalam toko. Nah, dalam hal ini tentu saja apa yang disajikan dalam blog atau website Anda.

Tanpa konten yang bagus dan relevan, maka para pengunjung akan mengalami kebingungan. Mereka akan bingung untuk mendapatkan informasi atau mengetahui apa yang disajikan oleh blog atau website Anda.

Karena itu, Anda perlu belajar untuk membuat konten yang menarik. Misalnya dengan membuat headline atau judul yang mengundang perhatian. Kemudian menerapkan teknik-teknik SEO dan juga berlatih menulis yang baik untuk media online.

Terkadang disarankan pula untuk melengkapi blog atau website Anda dengan gambar, meme, atau infografis yang mendukung konten yang disajikan.

Kedua adalah Brand atau Jenama

Anda harus memastikan bahwa brand atau jenama yang dibuat selalu konsisten.

Ketika Anda mempromosikan atau membuat sebuah konten, pastikan para pengunjung dapat dengan mudah memahami brand atau jenama Anda. Mereka ingin merasa terhubung dengan konten serta mengharapkan tingkat konsistensi dalam konten Anda

Penjelasan mudah dari bagian ini adalah bahwa ketika Anda membuat sebuah konten untuk blog atau website, maka perlu disesuaikan dengan brand atau jenama yang Anda bangun. Hal ini berlaku baik untuk brand pribadi maupun untuk bisnis.

Misalnya saja di blog ini saya mencoba membangun brand mengenai menulis di media online. Karena itu, berbagai konten yang saya sajikan di sini berkaitan dengan hal tersebut.

Sebaiknya Anda tidak mengulangi kesalahan yang pernah saya lakukan beberapa waktu yang lalu. Saat itu saya menulis berbagai topik yang seringkali tidak konsisten atau tidak sesuai dengan brand yang ingin saya bangun. 

Saat itu saya mempunyai sebuah blog pribadi yang diisi dengan bermacam-macam hal. Di dalamnya saya berbagi mengenai keahlian saya dalam bidang penanggulangan bencana, kemudian hobi saya dalam menulis. Selain itu, di blog tersebut juga terdapat revieu buku dan film, kemudian aneka tips, termasuk juga berbagai saran atau pendapat dari para ahli.

Akhirnya blog saya tersebut menjadi gado-gado yang penuh dengan berbagai hal. Namun, konten yang disajikan rupanya tidak fokus pada satu tema tertentu. Kemudian kondisi ini menyebabkan kebingungan dari para pengunjung. Mereka tidak tahu apa yang bisa diharapkan dari blog saya tersebut.

Ketiga adalah Memahami Pasar

Anda perlu menargetkan pengunjung yang tepat di pasar yang anda sasar. 

Apakah itu berupa promosi di media sosial atau menjawab pertanyaan di situs seperti Quora, maka perlu dipastikan bahwa Anda melakukan pada calon pengunjung yang tepat. Maksudnya adalah calon pengunjung yang akan tertarik untuk mengikuti dan menikmati konten yang Anda sajikan.

Pernahkah Anda menulis sesuatu yang sepertinya sangat menarik kemudian mencoba mempublikasikannya di media sosial seperti Facebook? 

Selanjutnya Anda baru menyadari bahwa tidak ada satu orang pun yang tertarik pada hal yang dibagikan. Hal ini ditunjukkan dengan tidak adanya orang yang menyukai atau memberikan respon terhadap tulisan Anda tersebut.

Apakah dengan kejadian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa usaha Anda sia-sia?

Menurut saya tidak selalu begitu. Sebab bisa jadi teman-teman Anda yang berada di media sosial tersebut bukanlah target pasar yang sesuai untuk tulisan itu.

Oleh sebab itu, untuk mengetahui target pasar yang sesuai, maka kita perlu melakukan berbagai percobaan. Misalnya dengan mengubah-ubah saluran atau media untuk berpromosi. Anda bisa menggunakan Facebook, kemudian Instagram, YouTube, Twitter, dan lain-lain.

Sekali lagi yang perlu digarisbawahi adalah konsistensi.

Konsistensi ini menjadi satu kata kunci tersendiri.

Ketika Anda berbagi karya berulang kali, maka pada suatu ketika tentu akan sampai masanya. Saat itu orang lain atau target market yang dituju mengetahui apa yang Anda lakukan. Kemudian mereka pun bersedia untuk mengikuti dan menikmati tulisan atau blog atau website Anda.

Ada satu ujaran dalam bahasa Inggris yang berbunyi volume wins. Ini berarti bahwa Anda perlu membuat karya yang sangat banyak, sehingga orang tidak lagi bisa mengabaikan apa yang Anda hasilkan.

Seperti pernah disampaikan oleh seorang ahli dalam tulis menulis online yang bernama Nicolas Cole. Dia membandingkan antara menjadi viral atau menjadi konstelasi.  

Menjadi viral artinya apa yang Anda hasilkan akan segera tersebar secara luas dalam waktu yang singkat.  Sebaliknya membuat konstelasi artinya Anda membuat berbagai karya dalam jumlah yang banyak dan saling terhubung satu dengan yang lain. Kemudian pada akhirnya membentuk suatu rangkaian. 

Siapa yang tahu bahwa konstelasi tersebut nantinya akan menyebar jauh dan volumenya yang besar akan memberikan pengaruh tersendiri.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk dapat meningkatkan performa blog, website, ataupun, media sosial yang sedang Anda bangun.

Jika Anda tertarik topik mengenai SEO, maka mungkin bisa membaca: 5 Cara Optimasi Blog untuk Meningkatkan Trafik