Sepuluh ide kreatif untuk kreator konten yang disajikan dalam tulisan ini sangat bermanfaat agar teman-teman tidak kehabisan ide.

Bahkan ide-ide kreatif yang disajikan di sini juga sangat bermanfaat untuk banyak orang. Selain kreator konten, maka para pembicara, motivator, dan ketika teman-teman ingin sekadar berbicara dengan orang lain, dapat memanfaatkan sepuluh ide kreatif yang disajikan di sini.   

Daftar Ide Kreatif

Tahukah teman-teman, bahwa ada semacam daftar ide yang dapat kita jadikan acuan, sehingga nanti kita tidak mati gaya saat bertemu dengan orang lain, membuat konten, mengisi seminar, dan lainnya.

Lebih penting lagi, jika teman-teman seorang kreator konten atau pekerja kreatif lainnya, maka dengan mengetahui ide-ide kreatif ini, diharapkan nantinya tidak akan sampai kehabisan ide.  

Baca juga: Kiat: Mencari Ide Kreatif

Sepuluh ide kreatif yang disajikan di sini adalah sangat dasar. Artinya masih topik-topik besarnya saja, sehingga perlu dikembangkan lebih jauh agar sesuai dengan kebutuhan teman-teman.

Adapun untuk pengembangan dari ide-ide tersebut, tentu diperlukan berbagai upaya lainnya, seperti membaca buku, mendengarkan podcast, melihat kompetitor, melihat karya orang lain, dan lainnya.

Ide-ide kreatif yang biasanya disajikan oleh para kreator konten biasaya berkisar pada hal-hal berikut ini:  

  1. Kepemimpinan 
  2. Motivasi 
  3. Penjualan atau marketing 
  4. Kewirausahaan 
  5. Teknologi 
  6. Pengalaman pelanggan 
  7. Kerja sama dalam sebuah tim (teamwork
  8. Kesehatan mental 
  9. Komunikasi 
  10. Kesejahteraan 

Selain sepuluh topik pembicaraan yang sudah disebutkan tersebut, apakah Anda memiliki topik pembicaraan lainnya? 

Yang Perlu Diingat

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, meskipun di sini sudah disajikan 10 ide kreatif bagi kreator konten, terutama pada topik-topik yang menarik, tugas teman-teman belum selesai hanya dengan mengetahui ide-ide tersebut.

Sebabnya adalah karena di luar sana banyak juga orang lain termasuk para kreator konten yang bergerak di sekitar ide-ide tersebut.

Misalnya teman-teman memilih ide mengenai motivasi, maka di luar sana tentu sudah banyak orang lain yang juga memilih ide mengenai motivasi tersebut.

Sebuah Jalan Keluar

Oleh sebab itu, maka jalan keluar yang bisa dilakukan adalah dengan mempertajam ide besar yang sudah disajikan di sini.

Mempertajam di sini tentu bukan dengan mengasah ide-ide tersebut. Namun, dengan memilih satu ide tertentu yang menarik dan disukai, kemudian semakin memperdalam ide tersebut.

Kita gunakan contoh motivasi tadi sebagai ide besarnya, ya.

Tugas selanjutnya adalah mencari apa hal-hal yang terkait dengan motivasi tersebut.

Misalnya teman-teman bisa menggunakan metode 5W + 1H. Artinya dengan mengajukan pertanyaan, what, who, where, when, why, dan how untuk mengeksplorasi dan memperdalam ide besar motivasi tadi.

Percobaan Mengerucutkan Ide

Pertama sudah kita tentukan ide besar, yaitu motivasi. Ini menjawab pertanyaan apa (what).

Kedua dapat kita tentukan kenapa ide motivasi tersebut diperlukan. Ini menjawab pertanyaan kenapa (why).

Ketiga kita dapat menentukan siapa yang akan memanfaatkan ide motivasi tersebut. Ini menjawab pertanyaan siapa (who).

Keempat kita dapat menentukan di mana orang yang memerlukan ide besar tersebut memerlukan motivasi. Ini menjawab pertanyaan di mana (where).

Kemudian terakhir kita dapat menentukan bagaimana orang yang membutuhkan ide besar motivasi tadi dapat meningkatkan motivasinya di tempat yang ditentukan. Dengan demikian, bagian ini menjawab pertanyaan bagaimana (why).

Nah, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan seputar ide besar ‘motivasi’, maka kita telah menemukan ide yang lebih tajam dan dalam.

Biasanya orang-orang yang sering berkecimpung dalam dunia kreator konten menyebut ide besar ini sebagai niche.

Kemudian memang saran yang paling sering disampaikan adalah cara untuk memperdalam dan mengerucutkan niche yang tadinya besar menjadi lebih khusus.