Apa satu hal yang diperlukan untuk mengikuti passion Anda? Ternyata jawabannya adalah Uang.  

Uang 

Uang adalah satu-satunya hal yang diperlukan untuk mengikuti gairah atau passion Anda. Serta, tentu saja waktu yang sangat banyak.  

Kemudian untuk dapat menghabiskan waktu yang banyak untuk menemukan dan mengikuti gairah, maka Anda memerlukan uang. Sesederhana itu sebenarnya.  

Saya tahu, banyak Guru di internet yang akan mengatakan sebaliknya. Mereka berkata, bahwa Anda bisa melakukannya. Bahwa apa yang harus Anda lakukan adalah menemukan dan mengikuti passion. Kemudian hanya itu.  

Baca juga: Biarkan Passion Memilihmu

Namun, kenyataannya, bukan hanya itu, karena tidak mungkin dapat berjalan dengan cara seperti itu.  

Anda memerlukan uang untuk dapat selamat dan melanjutkan hidup, untuk membayar cicilan, untuk makan.  

Maka dari itu, menemukan dan mengikuti passion baru bisa berjalan jika Anda telah memiliki cukup uang. Namun, jika belum, sepertinya sangat berisiko, deh.  

Kemudian tentu saja hal itu akan bisa terjadi jika Anda mengikuti seminar atau lokakarya yang sangat mahal. Mereka bisa melakukan itu ketika semua kebutuhan dasar telah terpenuhi. Mereka telah memiliki cukup uang, sebab jika tidak, mereka tak akan mampu menghabiskan ribuan dollar untuk hal-hal semacam itu.  

Saya tahu, banyak yang berkata jika Anda melakukan hal yang disukai, mengikuti gairah, memenuhi panggilan jiwa, maka uang akan datang dengan sendirinya.  

Namun, sebenarnya adalah….  

Jika Anda terus-menerus menunggu uang yang akan datang, maka uang itu pun tak akan pernah datang. Ini pula yang disampaikan oleh para Guru itu.  

Namun, jika Anda tak bisa membayar kontrakan bulan depan, maka Anda benar-benar harus menunggu uang itu untuk datang.  

Kemudian jalan satu-satunya untuk berhenti menunggu datangnya uang adalah ketika Anda telah memiliki cukup banyak uang untuk hidup secara nyaman. Tidak peduli seberapa keras upaya Anda untuk memenuhi panggilan jiwa dan seberapa banyak orang yang pernah Anda bantu setiap hari.  

Di sini saya tidak berbicara mengenai gaya hidup yang mewah, seperti para pemilik Ferrari. Namun, saya membicarakan gaya hidup yang telah mampu memenuhi segala kebutuhan dasar dan mampu membayar kebutuhan-kebutuhan tersebut setiap hari tanpa harus merasa khawatir. Tanpa harus merasa tertekan.  

Oleh karena itu, memenuhi panggilan atau gairah hanya dapat terjadi jika Anda telah memiliki cukup uang. Sekali lagi, saya tidak membicarakan jutaan dollar. Sebab, beberapa orang dapat hidup dengan anggaran kurang dari 1000 dollar setiap bulan, termasuk saya. Beberapa orang lain mungkin lebih sedikit, ada lagi yang butuh jauh lebih banyak, saya tidak tahu persis.  

Namun, tetap saja, apa yang diperlukan agar Anda dapat memenuhi panggilan dan gairah adalah uang. Titik.  

Itulah kenapa kemudian Anda perlu menemukan angka yang tepat dan mulai bekerja dari sana.  

Jika membutuhkan 1000 dollar untuk membayar kebutuhan selama sebulan, maka lakukan berbagai hal yang mungkin dilakukan untuk memperoleh paling tidak memiliki total setahun jumlah pengeluaran tiap bulan di rekening bank sebelum memutuskan untuk berhenti bekerja. Lebih baik lagi jika bisa mengumpulkan dua tahun dari jumlah pengeluaran di rekening bank. Atau membangun bisnis sampingan yang mampu menghasilkan 1000 dollar per bulan. Apa pun yang mungkin bisa dilakukan oleh Anda.  

Sebab Anda akan membutuhkan uang untuk membeli sedikit kemerdekaan, sedikit waktu untuk berpikir, sedikit waktu untuk bernapas, sedikit waktu untuk mengenali diri Anda sendiri. Dan untuk semua itu, maka diperlukan kemerdekaan lebih dulu, dalam bentuk kerja atau bisnis sampingan yang mampu menghasilkan cukup uang untuk membayar berbagai kebutuhan atau beberapa tahun jumlah pengeluaran di rekening bank kita.  

Pertanyaannya adalah, bagaimana Anda bisa menabung atau memperoleh uang sebanyak itu?  

Saya tidak tahu, karena saya tidak mengetahui bagaimana situasi kehidupan Anda.  

Namun, ketika saya berhasil menabung lebih dari 70% pendapatan saya selama dua tahun. Kemudian saya juga mencoba meningkatkan bisnis sampingan, yang tidak terlalu berhasil. Kemudian saat bertemu seorang teman dia bilang wajah saya jadi hijau. Itulah tanda saya kurang tidur dan juga terlihat begitu menyedihkan saat itu. Jadi untuk saya, bagian menabung itu justru berhasil dengan baik.  

Saya tahu, menabung cukup banyak pendapatan mungkin tidak bisa kita lakukan. Namun, siapa tahu bisa. Bisa jadi, itulah yang diperlukan. Di kasus saya, banyak pengeluaran tidak perlu yang saya pangkas selama dua tahun agar dapat hidup bebas atau merdeka di sisa usia saya. Apa pertukaran antara dua tahun tidak membeli barang yang tidak bermanfaat dengan kemerdekaan sepanjang hayat? Tidak ada.  

Saat itu, saya memutuskan untuk tidak menghabiskan uang pada berbagai barang yang tidak perlu di hampir setiap waktu. Karena, kebanyakan uang yang kita belanjakan, sebenarnya untuk hal-hal yang bodoh, bukan?  

Kebanyakan kita menghabiskan uang yang dimiliki untuk membeli sesuatu sebagai ganjaran kepada diri kita sendiri, karena kita telah mampu bekerja di tempat yang tidak kita sukai. Akhirnya, kita menemukan pembenaran, bahwa saya berhak atas hal itu, karena telah bekerja sangat keras. Telah melakukan berbagai hal yang tidak disukai, karena itu saya pantas mendapatkan atau membeli barang ini….  

Selanjutnya, jika Anda tidak mungkin memangkas berbagai pengeluaran, apa pun itu, mungkin mobil, apartemen yang kecil, maka itu menjadi tanda bahwa bukan ide yang bagus untuk berhenti bekerja dan mulai mengejar gairah atau panggilan jiwa. Kemudian ide yang bagus adalah menunggu, hingga kemudian algoritma membantu Anda atau ada seseorang yang menawarkan pekerjaan dan menggantikan gaji Anda setiap bulan.  

Inilah yang saya lihat….  

Kita semua terjebak dalam upaya untuk menemukan passion dan mengejar tujuan hidup Anda. Sementara kenyataan sebenarnya banyak di antara kita yang tidak memiliki tujuan dan panggilan jiwa itu. Atau kita masih belum menemukannya dan masih berada dalam mode pencarian.  

Jadi, jika Anda belum menemukan tujuan, kenapa tidak menjadikan kemerdekaan diri Anda di masa depan sebagai tujuan hidup saat ini?  

Baca juga: Apa Tujuan Hidup Kita?

Sebuah masa depan ketika Anda mampu mengenali diri sendiri, bisa meluangkan waktu untuk mengejar impian, dan kemudian benar-benar menemukan tujuan hidup Anda.  

Kenapa tidak menjadikan itu sebagai alasan Anda bangun setiap pagi? Kenapa tidak menjadikan ini sebagai tujuan menyelesaikan pekerjaan yang tidak disukai itu? Sebuah pekerjaan tanpa tujuan yang tidak memenuhi apa pun selain membayar cicilan dan kebutuhan dasar.  

Itulah setidaknya yang saya lakukan. Alasan saya bangun setiap pagi adalah agar mampu memiliki cukup tabungan, sehingga mungkin suatu saat nanti saya memiliki cukup banyak uang di bank untuk berhenti dari pekerjaan saya yang sekarang dan memberikan diri sendiri sebentuk kemerdekaan yang telah lama dinantikan.  

Memang Anda dapat membeli kemerdekaan yang diidam-idamkan itu tanpa memiliki uang di rekening bank atau tanpa memiliki kerja sampingan untuk menutup semua biaya-biaya.  

Namun, untuk itu Anda haruslah benar-benar bagus pada apa yang sedang dilakukan. Mungkin Anda akan berada di antara mereka yang terbaik. Anda mungkin akan mencapai kesadaran, bahwa hal ini seharusnya dilakukan sejak bertahun lalu. Anda pun mungkin perlu untuk mengetahui dan mengenali orang yang tepat. Atau Anda harus menjadi seorang master dalam pertandingan catur.  

Namun, orang kebanyakan seperti Anda dan saya, memerlukan uang tunai di bank lebih dahulu. Atau memiliki kerja dan bisnis sampingan yang berhasil.  

Sebab jika kita tidak memiliki itu, maka yang akan terjadi adalah kita harus berhenti, bahkan sebelum memulai. Memulai apa? Segalanya…..

Source: 121 Tips of Being a Better Writer by Yann Girrard