Photo by Zakaria Zayane on Unsplash

Mereka yang terbaik di dunia bisnis, seperti Steve Jobs dan Elon Musk, para artis top, hingga atlet yang sangat berhasil memiliki kesamaan, yaitu kekuatan diri mereka.  

Titik awal dari kekuatan diri adalah membangun inti diri. Kondisi ini menyebabkan ketika ada orang lain yang menertawakan dan menilai rendah apa yang dilakukan, menertawakan mimpi Anda, menyampaikan bahwa apa yang Anda lakukan tak mungkin berhasil, maka Anda:   

Membangunlah berbagai nilai dasar dalam diri, sehingga tetap percaya diri, tetap fokus, dan mengabaikan mereka yang memandang rendah atau meragukan.  

Bagaimana Anda melakukannya? Yaitu dengan membaca autobiografi mereka yang telah melakukannya, mendengarkan Podcast dari mereka yang sudah berhasil dan menyampaikan berbagai hal positif 

Ini berkaitan dengan upaya untuk melindungi pikiran Anda, melindungi batin Anda, dan melindungi energi Anda. Ini berarti meluangkan waktu untuk membangun diri Anda sendiri. 

Termasuk juga memerhatikan berbagai hal yang membuat Anda takut. Kemudian alih-alih melarikan diri dari ketakutan itu, justru mendekat dan hadapi.  

Saat Anda menghadapi dan kemudian memiliki kekuatan untuk menyatakan bahwa rasa takut itu tak lagi memiliki kekuatan untuk memengaruhi, maka Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk berfokus pada kekuatan diri.  

Anda dapat memperkuat pikiran, memperkuat emosi, merawat diri Anda agar selalu sehat, menerima nutrisi yang cukup, istirahat yang cukup, memperkuat spiritual. Tujuannya adalah agar Anda mampu hidup untuk tujuan yang lebih besar dari diri Anda sendiri.  

Kata Marthin Luther King Junior, “Jika Anda tak memiliki hal yang layak diperjuangkan mati-matian, maka Anda tak cocok hidup!”  

Temukan, bangun, kembangkan, berbagai alasan Anda untuk terus menjalani kehidupan. Sesuatu yang jauh lebih besar daripada ego Anda sendiri. Sesuatu yang sangat menarik bagi Anda sebagai seorang manusia.  

Akhirnya, Anda pun tak akan terkalahkan….