Gambar oleh Hermann Traub dari Pixabay

Sebuah artikel di Journal Flood Risk Management oleh Andrew D Binns berjudul Flood Mitigation Measures in an Era of Evolving Flood Risk memberikan pelajaran bagaimana melakukan mitigasi risiko banjir di Kanada. 

Pertama-tama, perilaku dan dampak kejadian banjir di seluruh dunia sangat beragam dan terus berubah. Di Kanada, ancaman banjir terjadi karena berbagai sebab, seperti curah hujan yang tinggi, tersumbatnya saluran karena es, dan badai. Akibat dari peristiwa ini adalah kejadian bencana banjir yang mengakibatkan tergenangnya ruang bawah tanah, aktivasi saluran air darurat, hingga kekhawatiran pada kekuatan bendungan menghadapi meningkatnya curah hujan. 

Sementara itu, dampak dari kejadian bencana tersebut adalah kerugian ekonomi, dampak sosial dan lingkungan, termasuk evakuasi warga. Kerugian terjadi karena hilangnya rumah dan tempat usaha, serta pada ekosistem. 

Penyebab dan pendorong terjadinya banjir itu sendiri sangat beragam dan memerlukan pendekatan yang berbeda untuk mengelola dan memitigasi dampaknya. 

Langkah yang dilakukan di antaranya adalah: 

  • Tempat penampungan air berskala besar,
  • Strategi pengelolaan air karena badai untuk mengalihkan air dari sungai pada saat arus sangat tinggi, 
  • Pembangunan infrastruktur untuk mengurangi dampak kenaikan muka air laut dan penyumbatan karena es di sungai, 
  • Pendekatan bentang lahan yang berbasis infrastruktur hijau, 
  • Saluran pembuangan alami di lingkungan perkotaan, 
  • Strategi untuk menghindari terjadinya banjir di basement atau ruang bawah tanah. 

Mengingat tingginya investasi untuk langkah mitigasi banjir dan perilaku alami banjir yang unik, maka diperlukan suatu strategi, perhatian penuh pada strategi tersebut, serta desain yang optimal disesuaikan dengan beragam dan kompleksnya kondisi lingkungan. 

Di seluruh dunia, perilaku banjir yang terus berubah di setiap kejadiannya menyebabkan tantangan dalam pengelolaan risiko banjir. Upaya berkesinambungan untuk mengevaluasi efektivitas dan efisiensi berbagai upaya pencegahan banjir, perlindungan, dan mitigasi diperlukan seiring dengan meningkatnya dan berubahnya kompleksitas dan risiko banjir akibat dari perubahan iklim, urbanisasi, dan faktor lainnya. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mendesain dan melaksanakan strategi pengelolaan banjir yang optimal guna meningkatkan ketangguhan dan memitigas dampak dari banjir pada manusia dan lingkungan.

Referensi: 

Binns, A.D. (2020), Flood mitigation measures in an era of evolving flood risk. J Flood Risk Management, 13: e12659. doi:10.1111/jfr3.12659
Sumber: https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/jfr3.12659