“Kita perlu menyesuaikan arah.” Demikian dikatakan oleh Seth Godin, seorang pakar marketing dan internet dari Amerika Serikat. Dengan mengikuti saran dari Seth ini, semoga perjalanan kita semakin menyenangkan.

Seperti seorang yang berlayar, Anda sudah tahu jalur yang harus ditempuh. Misalnya menyusuri koordinat tertentu, mampir di kota tertentu, bertemu orang tertentu, dan lainnya.

Namun, yang paling sulit dalam berlayar adalah melakukan berbagai hal yang menakutkan agar kita tetap sesuai dengan jalur yang harus ditempuh.

Perlunya Penyesuaian Arah

Baca juga: Penanggulangan Bencana: Sapaan Gunung adalah Wujud Cinta Sang Hyang Widhi Wasa

Dalam menghadapi tantangan, ketakutan, dan halangan lainnya, maka dalam setiap perjalan perlu penyesuaian.

Penyesuaian dilakukan dengan mempertimbangkan kesulitan, tantangan, dan rintangan yang dihadapi di depan.

Contoh mudahnya: Anda seorang konten kreator di YouTube. Maka, penyesuaian yang perlu dilakukan adalah dengan mengetahui kesulitan, tantangan, bahkan mungkin hambatan yang menghadang.

Langkah-langkah untuk Penyesuaian Arah

Setelah itu, Anda pun perlu menentukan langkah-langkah penyesuaian dan melakukan tindakan seperti yang ditentukan di langkah-langkah penyesuaian tersebut.

Banyak orang tidak melakukan hal yang menakutkan untuk tetap sesuai jalur yang ingin ditempuh adalah karena seperti sudah disebutkan, itu menakutkan dan tidak ada dukungan dari orang-orang di sekitar untuk melakukan hal yang menakutkan, yaitu menempatkan diri Anda di luar sana dan berkata,

“Halo, inilah saya, dan saya membuat ini.”