Pengendara mobil semestinya memperhatikan bagian-bagian ini agar hujan tak menjadi musuh dan tetap nyaman mengendarai mobilnya.

Sistem pembakaran harus diperiksa, seperti tangki dan pompa bahan bakar. Ini berguna untuk mengurangi terjadinya kebocoran, serta meminimalkan air masuk ke tangki yang mengganggu keseluruhan sistem.

Sistem pengapian harus diperiksa, jangan sampai ada celah pada kompartemen yang dapat memicu masuknya air dan mengganggu proses pengapian.

Sistem kelistrikan dan penerangan, periksa perangkatnya seperti bohlam lampu, kabel, dan aki. Ganti yang sudah tak layak dan jangan lupa periksa juga wiper agar sapuan air dari kaca dapat maksimal.

Sistem Roda/Ban, periksa kondisi ban. Gunakan kondisi ban yang sesuai dengan ketentuan dari produsen. Ganti segera ban jika sudah gundul.

Terakhir, sistem berkendara, pada saat hujan konsentrasi tinggi harus terus dijaga. Tetap waspada pada kondisi jalan dan kendaraan lain, hindari juga manuver mendadak yang dapat mengakibatkan kendaraan tergelincir.

Tulisan ini adalah rangkuman dari artikel pada Fitur Klasika Koran Kompas, 1 Desember 2012, yang berjudul ‘Tetap Nyaman walau Hujan’.

Sumber gambar