Photo by Marten Bjork on Unsplash

Tahukah Anda, siapa di dunia ini yang bisa direkrut dengan bayaran termurah?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah diri Anda sendiri.

Anda dapat merekrut diri sendiri praktis untuk berbagai hal. Oleh sebab itu, pastikan diri Anda melakukan hal-hal yang benar-benar berarti dan bermanfaat.

Dari cerita singkat tersebut, maka diri Anda sudah secara otomatis menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas.

Setelah mengetahui siapa pekerja lepas yang paling murah di dunia, sekarang kita perlu berpindah ke entrepreneur atau pengusaha.

Menurut Seth Godin, tugas seorang entrepreneur atau pengusaha adalah membangun sebuah sistem yang dapat ditingkatkan atau dikembangkan cakupannya.

Artinya, ketika seorang pengusaha atau entrepreneur tidur pun, usahanya masih akan terus berjalan dan menghasilkan. Dia tidak perlu menunggui usaha tersebut.

Kemampuan untuk membuat sistem dan meningkatkan usaha itulah yang kemudian menjadi hal yang paling dicari oleh para investor. Para pemilik modal tersebut mencari para entrepreneur atau pengusaha untuk mengembangkan dan meningkatkan suatu usaha melalui sebuah sistem.

Selain menciptakan suatu sistem dan mampu mengembangkannya, tugas lain dari para pengusaha adalah untuk membuat struktur suatu bisnis atau usaha agar dapat terus tumbuh.

Dalam prosesnya, kemudian dia mencari tahu dan menentukan ke mana bisnis atau usaha itu akan pergi/mengarah.

Di kalangan entrepreneur pun terjadi mitos yang menyatakan bahwa suatu usaha tidak akan berjalan tanpa kehadiran Sang Entrepreneur.

Fakta tersebut kurang tepat, sebab idealnya dengan sistem yang telah dikembangkan oleh entrepreneur, maka berikutnya tinggal dilakukan berbagai penyesuaian dan penilaian.

Sekarang kita beranjak ke proses yang dilakukan oleh seorang entrepreneur. Sebenarnya dia melakukan suatu pekerjaan yang sederhana, yaitu membuat industri dari ide-idenya sendiri sambil terus berproses memperbaiki diri, memenuhi persyaratan menjadi orang dengan kriteria tertentu, dan lainnya.

Satu ilustrasi bagaimana usaha seorang entrepreneur dapat berhasil adalah dengan meninggalkannya. Tinggalkan upaya atau bisnis yang sedang Anda geluti dan ketika kembali, maka usaha itu pun akan menjadi lebih besar dan memberikan lebih banyak keuntungan.