Foto oleh Brett Jordan dari Pexels

Berikut ini beberapa cerita yang menjelaskan betapa pentingnya memberikan apresiasi atau penghargaan kepada orang lain.

Istri yang Lari

Pada saat sebuah penelitian dilakukan beberapa tahun yang lalu mengenai alasan seorang istri yang lari, apa menurut Anda yang ditemukan sebagai alasan utama seorang istri lari?

Rupanya alasannya adalah kurangnya apresiasi atau penghargaan.

Jika studi yang sama dilakukan pada suami, kenapa seorang suami lari mungkin hasilnya akan sama. Alasannya adalah karena kurangnya penghargaan atau apresiasi.

Seringkali kita menerima begitu saja berbagai hal yang dilakukan oleh pasangan dan kita jarang atau tidak pernah memberikan penghargaan yang sepantasnya kepada mereka.

Seorang anggota di kelas Dale Carnagie bercerita mengenai sebuah permintaan dari istrinya.

Istri tersebut bersama teman-temannya terlibat dalam program pengembangan diri.

Dia meminta suaminya untuk membuat daftar 6 hal yang dia percaya dapat dilakukan oleh Sang Istri untuk membuatnya menjadi istri yang lebih baik.

Dia bercerita kepada anggota kelas bahwa dirinya terkejut dengan permintaan itu. Rasanya akan sangat mudah untuk membuat daftar 6 hal yang ingin saya ubah dari istri dan dan sepertinya dia juga tidak akan mengalami  kesulitan saat membuat ribuan daftar hal-hal yang perlu saya ubah sebagai suaminya.

Namun, ternyata sangat sulit menemukan 6 hal itu.

Kemudian saya bilang ke istri, “Biarkan saya berpikir dan berikan saya waktu itu untuk berpikir, dan kemudian saya akan memberikan jawaban besok pagi.”

Esok paginya, saya bangun pagi-pagi sekali dan menelepon toko bunga, kemudian meminta mereka mengirimkan 6 buah kuntum mawar kepada istri saya dengan catatan bahwa saya tidak dapat berpikir 6 hal yang ingin saya ubah darimu saya mencintaimu apa adanya.

Kemudian ketika saya sampai di rumah sore itu siapa yang menyambut saya dengan penuh kehangatan di pintu?

Ya benar, istri saya! Dia seperti hendak menangis. Saya senang bahwa saya tidak mengkritik dirinya seperti yang diminta. 

Keajaiban Pendengaran

Penghargaan yang tulus dapat mengubah hidup seseorang.

Suatu hari seorang guru di Detroit meminta Stevie Morris untuk menolongnya menemukan tikus yang masuk di kelas.

Guru itu memberikan penghargaan kepada Stevie, bahwa dirinya memiliki suatu kelebihan dari orang lain yang ada di kelas.

Alam telah memberikan Stevie sepasang telinga yang luar biasa hebat sebagai kompensasi kedua matanya yang buta.

Namun itu adalah pertama kalinya Stevie menerima apresiasi untuk 2 telinganya.

Bertahun-tahun kemudian, Stevie bilang bahwa tindakan memberikan penghargaan kepada dirinya tersebut telah mengubah hidupnya.

Setelah itu dia mengembangkan bakatnya dalam pendengaran dan akhirnya menjadi seorang penyanyi terkenal dengan nama panggung Stevie Wonder

Apresiasi Meningkatkan Prestasi

Pamela adalah seorang manajer, salah satu tanggung jawabnya adalah mengawasi pekerjaan seorang office boy yang memiliki prestasi kerja sangat  buruk.

Office boy yang lain akan memandang rendah pekerja kurang berprestasi tersebut dan justru membuang sampah di sepanjang lorong untuk menunjukkan seberapa buruk pekerjaannya.

Semua itu menjadi persoalan yang sangat buruk, karena waktu yang produktif hilang begitu saja di perusahaan Pamela.

Pamela pun mencoba berbagai cara untuk memotivasi orang tersebut tetapi masih belum sukses.

Pamela memperhatikan bahwa beberapa kali office boy tersebut  sangat bagus kinerja-nya. Kemudian, Pamela memberikan pujian atas prestasi kecil tersebut di hadapan banyak orang.

Selanjutnya, setiap hari petugas tersebut bekerja lebih baik lagi dan lambat laun dia pun bekerja lebih efektif.

Kini petugas itu dapat bekerja dengan penuh kegigihan dan berhasil dengan baik. Orang lain pun kemudian memberikan pengakuan dan penghargaan.

Ini menunjukkan bahwa penghargaan atau apresiasi memperoleh hasil ketika kritik dan juga penghinaan gagal menumbuhkan prestasi.

Setiap orang, entah itu menteri, dosen, dan juga pembicara mengetahui dengan pasti, bahwa sangat menyedihkan apabila mereka berbicara, tetapi tak ada satupun pendengar yang memberikan komentar dan menghargai mereka.

Apa yang terjadi pada orang-orang atau profesional tersebut juga berlaku pada pekerja di kantor, di toko, di pabrik, dan keluarga, serta teman-teman kita.

Dalam hubungan antar personal hendaknya tidak pernah lupa bahwa mereka yang berada di sekitar kita adalah orang-orang biasa yang haus akan penghargaan atau apresiasi.

Apresiasi menjadi santapan yang lezat untuk jiwa manusia.

Cobalah memberikan penghargaan dalam keseharian Anda. Mungkin nanti Anda akan terkejut bagaimana hal itu menerbitkan kehangatan, keakraban, dan juga penghargaan dari hubungan kita dengan orang lain

Sebaliknya, saat Anda melukai perasaan orang, justru tidak akan mengubah mereka menjadi lebih baik, lebih akrab, dan berubah sesuai dengan keinginan Anda.