Aturan 90:90:1 untuk memanfaatkan peluang ini saya dapatkan dari Robin Sharma, seorang penulis dan pelatih top dari Amerika yang sering mendampingi atlet, top performance, politisi, dan pemimpin lainnya.

Aturan 90:90:1 berarti dalam waktu 90 hari, selama 90 menit di waktu yang paling produktif, kita memanfaatkannya untuk melakukan satu peluang yang akan mengubah berbagai hal.  

Kemudian kita juga diperkenalkan pada suatu kebiasaan yang dinamakan ‘Tight Bubble of Total Focus‘.  

Ini adalah kesempatan atau waktu bagi kita untuk benar-benar berfokus dan menghasilkan suatu karya dan tidak melakukan hal lain, kecuali menghasilkan karya tersebut.  

Hati-Hati Memilih Teman

Saran yang lainnya adalah agar kita dapat memilih teman-teman atau orang yang akan bergaul dengan kita dan mempengaruhi kita nantinya dengan sangat hati-hati.  

Alasan hal itu perlu dilakukan adalah karena manusia pada dasarnya mengikuti kebiasaan orang-orang di sekitarnya.  

Nah, jika kebiasaan orang di sekitar adalah bangun siang, maka mungkin kita akan ikut pula kebiasaan tersebut.  

Ciri manusia yang kedua adalah dia memilih emosi atau meniru emosi orang-orang yang ada di sekitar.  

Sehingga ketika orang lain merasakan kebencian pada suatu hal, maka tidak jarang kita akan turut membencinya. Begitupun ketika orang lain menyukai suatu hal, maka secara tidak sadar kita juga akan turut serta menyukai hal itu.  

Belajar minimalisme 

Sila baca juga: Fokuslah pada yang Penting, Kata Robin Sharma

Minimalisme berarti membatasi hal-hal yang kita lakukan, sehingga kita tidak akan pusing untuk membagi dan melakukan hal-hal tersebut.  

Disarankan agar kita melakukan fokus pada satu hal yang benar-benar penting dan menyelesaikan kerjaan atau hal itu. Sebab, perlu diingat adanya tiga hal yang sangat berpengaruh dalam hidup kita, yaitu:  

  1. Fokus 
  2. Energi 
  3. Kekuatan untuk melakukan suatu hal 

Jika ketiga hal tersebut tidak sejalan atau sesuai, maka biasanya kita akan mengalami suatu persoalan, misalnya kita tidak fokus pada suatu hal yang sangat penting dan perlu dilakukan.  

Kemudian hal itu akan memicu energi yang dialirkan atau diarahkan ke sana juga menjadi tidak maksimal.  

Kemudian keinginan, kemauan, atau will power pada gilirannya juga tidak akan maksimal.  

Ketiga hal tersebut jika tidak maksimal, maka sudah dapat ditebak apa yang akan menjadi hasil dari pekerjaan kita.