Kepemimpinan

Lead Across

Photo by Nick Fewings on Unsplash

Seorang pemimpin berkualifikasi meta juga perlu memiliki kemampuan untuk memimpin ke samping yang melibatkan orang-orang dari unit kerja atau organisasi yang berbeda. 

Kemampuan ini sangat diperlukan untuk melakukan kolaborasi atau kerja sama dan koordinasi dengan unit atau organisasi lainnya. 

Hal ini makin diperlukan, karena masing-masing unit dan organisasi memiliki kepentingan dan kapasitas yang berbeda-beda. 

Oleh sebab itu, tak jarang terjadi kompetisi di antara unit, institusi, dan organisasi tersebut. Apalagi jika ada kemiripan, misalnya bekerja di bidang atau lokasi yang sama. 

Selain itu, kemampuan ini penting, karena seringkali kita tidak sadar pentingnya bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan yang sama. 

Kemudian bagaimana seorang pemimpin berkualitas meta melakukan upaya memimpin ke samping dan lintas bidang? 

Pertama adalah dengan melakukan identifikasi atau pengenalan kepentingan dan kapasitas dari tiap-tiap unit atau organisasi yang nantinya akan bekerja sama dengan dirinya. 

Kedua, dari hasil identifikasi tersebut kemudian membuat pengaturan berbagai hal yang berbeda, menjadi satu kesatuan perencanaan yang utuh. Tentu saja dengan mengakomodir berbagai perbedaan yang ada. 

Keempat adalah melakukan antisipasi adanya penolakan dan mendorong kerja sama antar berbagai bidang yang berbeda-beda. 

Kelima adalah dengan mendesain suatu hubungan atau konektivitas antar berbagai bidang tersebut. Hal ini diperlukan, sehingga antar organisasi dan unit yang berbeda mampu menjalin kerja sama dengan baik. 

Selanjutnya langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mengenali apa saja kegiatan yang perlu dilakukan. Setidaknya, upaya untuk menjalin kerja sama dengan unit dan organisasi lain adalah dengan melakukan: 

  1. Ajakan kepada unit, organisasi, lembaga, institusi lainnya. 
  2. Menemukan kepentingan dan tujuan bersama yang ingin dicapai. 
  3. Melihat persoalan dari berbagai sudut yang berbeda, tetapi saling melengkapi.

Leave a Reply