Penanggulangan Bencana: Pengelolaan Risiko Bencana dan Pertumbuhan Ekonomi

“Pengelolaan Risiko Bencana (PRB) bukan semata isu kemanusiaan, tetapi dasar untuk pembangunan yang berkelanjutan.” Profesor Kimio Takeya, Universitas Tohoku. 

Kejadian bencana akan mengganggu pertumbuhan ekonomi dan pembangunan suatu negara. Pada kondisi tersebut, maka upaya dan investasi untuk PRB menentukan keberlangsungan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. 

Prof. Takeya melakukan pengukuran pertumbuhan ekonomi di Pakistan. Bagaimana dampak proses pembangunan dengan dan tanpa investasi PRB. 

Menurut pengukurannya, perekonomian suatu negara tidak akan tumbuh jika tidak melakukan investasi PRB dan mengalami bencana pada periode tersebut. Namun, apabila melakukan investasi PRB dan terjadi bencana, maka perekonomian akan tetap tumbuh pada tingkat yang lebih tinggi dibandingkan tanpa investasi PRB. 

Melihat pentingnya investasi PRB, maka pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten/kota perlu menyusun strategi dan rencana PRB. Guna melakukan hal ini, maka perlu komitmen politik dari pemerintah daerah. Pemimpin daerah perlu memahami PRB dan kemudian menerjemahkan PRB ke dalam kebijakan, perencanaan, dan penganggaran hingga semaksimal mungkin. 

Jika investasi PRB dilakukan, maka manakala bencana terjadi diharapkan tidak terlalu banyak gangguan pada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan tetap dapat berlanjut. 

Sumber: Majalah Gema BNPB, Vol. 9, No. 2, Agustus 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: