Kepemimpinan: Kekuatan Kepercayaan

Thousands-expected-at-King-memorial-unveiling-BTA3U25-x-large

Pada musim panas tahun 1963, 200 ribu orang berkumpul di depan sebuah mall di Washington untuk mendengar pidato Dr. King. Saat itu tak ada undangan dan juga tak ada website untuk mengetahui kapan tanggal berkumpul. Jadi bagaimana mereka bisa melakukannya?

Dr. King tidak berkeliling Amerika untuk menyampaikan apa yang perlu dilakukan. Dia senantiasa bicara apa yang membuatnya percaya. “Saya percaya…. saya percaya….” dia terus berkata begitu kepada orang-orang. Kemudian para pioneer yang percaya kepada Dr. King menularkan kepercayaan tersebut kepada orang lain, yaitu mayoritas awal. Begitu seterusnya hingga akhirnya, dua ratus ribu orang berkumpul di hari dan waktu yang tepat.

Berapa orang di antara mereka yang alasan kehadirannya adalah untuk Dr. King?

Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah: tak ada!

Mereka hadir untuk diri sendiri. Mereka percaya apa yang tepat untuk Amerika, sehingga bukanlah menjadi persoalan jarak yang jauh atau menempuh bis selama delapan jam. Saat itu bukan lagi soal kulit hitam dan putih karena di antara mereka yang hadir seperempatnya adalah orang kulit putih.

Orang-orang datang bukan untuk Dr. King, namun mereka mempercayai hal yang sama dengan beliau. Mereka hadir terutama untuk dirinya sendiri. Bahkan, ketika saat itu Dr. King bicara mengenai mimpi-mimpinya dan belum mewujud menjadi rencana-rencananya.

Tipe Pemimpin

Ada dua tipe pemimpin di dunia ini, yakni seorang pemimpin dan mereka yang memimpin. Pemimpin memegang kekuasaan atau otoritas. Namun, mereka yang memimpin dapat menginspirasi kita. Entah itu seseorang atau organisasi, kita mengikuti mereka yang memimpin bukan karena kita harus, namun karena kita ingin melakukannya. Kita mengikuti mereka yang memimpin bukan untuk mereka, namun untuk diri kita sendiri.

Mereka yang memimpin adalah yang memulai dengan bertanya ‘kenapa?’ Mereka memiliki kemampuan untuk menginspirasi orang di sekitarnya atau mencari inspirasi dari sekitar.

Sumber gambar dari sini

Sumber tulisan dari sini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *