Kepemimpinan: Law of Diffusion of Inovation

Hukum Diffusion of Inovation membagi populasi dunia ke dalam beberapa kategori seperti yang terlihat pada grafik berikut ini:

Diffusion_Inovation_Diagrams

Masing-masing dari kita berada di kelompok yang berbeda-beda tiap saat. Namun, Law of Diffusion of Inovation mengajarkan kepada kita jika Anda ingin pasar yang sukses atau menerima ide Anda, maka hal itu baru bisa tercapai bila Anda sudah bisa melewati titik antara pengadopsi awal dan mayoritas awal. Titik tersebut ada di antara 15 dan 18 persen (tipping point) untuk penetrasi pasar di awal waktu.

Mayoritas awal tak akan mencoba sesuatu sampai ada seseorang yang berani mencobanya. Orang tersebut adalah para penemu dan pengadopsi awal, mereka berani mengambil keputusan untuk mencoba. Mereka digerakkan oleh kepercayaan yang tinggi pada dunia dan bukan semata-mata pada produk yang tersedia. Mereka ini adalah yang bersedia antri selama enam jam hanya untuk menunggu iPhone saat pertama kali diluncurkan. Sementara orang lain, orang kebanyakan akan menunggu satu minggu lagi hingga barang yang sama tersedia di toko dan mereka tinggal mengambilnya dari rak.

Para pioneer melakukan hal itu untuk dirinya sendiri karena mereka percaya pada dunia dan ingin semua orang melihat mereka menjadi yang pertama.

Sumber tulisan dari sini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *