Kiat: Menghindari Blind Spot

Blind spot adalah keadaan di mana pandangan mata terhalang sesuatu benda. Hal ini juga sering terjadi karena keterbatasan daya pandang mata kita sehingga kadang pengendara sepeda motor tidak bisa melihat pergerakan kendaraan di sekitarnya. Proses kecelakaan biasanya diawali karena tidak disadarinya kehadiran kendaraan lain di sisi pengendara.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari blid spot

Pengendara harus memperhatikan area tikungan saat ingin bermanuver atau menikung. Sesuaikan kecepatan sebelum mengubah arah kemudi secara bertahap dan mulailah untuk menyesuaikan kecepatan.

Cobalah memasang desain spion yang datar atau cembung guna mengurangi blind spot. Namun, spion tak sepenuhnya bisa menghapus faktor blind spot. Oleh karena itu, kewaspadaan pengemudi mutlak diperlukan.

Ukuran kaca spion juga memengaruhi daya pandang Anda saat mengendarai sepeda motor. Idealnya, Anda menggunakan kaca spion yang telah dikeluarkan oleh pabrik karena tentu sudah menjalani berbagai tes uji coba. Jangan asal ganti spion hanya untuk mempercantik sepeda motor Anda.

Usahakan untuk tidak berada di sekitar mobil, truk, atau bus karena besar kemungkinan pengemudi mobil, truk, atau bus tersebut tidak melihat keberadaan Anda. Semakin besar ukuran kendaraan, semakin besar pula blind spot-nya. Saat menyalip, bunyikan klakson sebagai tanda pemberitahuan bahwa Anda ingin menyalip.

Dengan mematuhi peraturan untuk menyalakan lampu sepeda motor di siang hari, Anda telah membantu pengemudi mobil, bus, atau truk melihat keberadaan Anda, sehingga mereka bisa memberikan jalan.

Tulisan ini adalah rangkuman dari artikel di fitur Klasika, Koran Kompas, 18 November 2012 yang berjudul ‘Menghindari Blind Spot’.

Sumber gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: