Kiat: Mengenali Berbagai Jenis Minyak Mobil

Rupanya mobil itu membutuhkan banyak sekali minyak pelumas yang harus dijaga kualitasnya. Caranya, tentu dengan mengganti minyak pelumas tersebut secara berkala atau ketika kondisinya sudah tak bagus lagi.

Minyak pelumas yang biasa terdapat dalam mobil dan harus senantiasa diperiksa adalah oli mesin, oli transmisi, minyak power steering, minyak rem, dan minyak kopling. Kondisi minyak pada bagian-bagian tersebut sangat memengaruhi kinerja mobil, karena berdampak pada proses mekanik dan pembakaran yang terjadi.

Oli mesin yang terjaga kualitasnya akan menjaga aktivitas pembakaran di dapur pacu dapat berjalan dengan maksimal. Proses ini akan menghasilkan tenaga besar yang dibutuhkan untuk menggerakkan roda kendaraan.

Khusus pada mobil matic, harus memperhatikan juga kondisi oli transmisi. Hal ini karena dapat memengaruhi kenyamana berkendara. Manakala volume dan kualitasnya tak mencukupi, dampaknya adalah mobil sulit melaju pada saat awal dikendarai. Selain itu, saat pergantian gigi otomatis berlangsung, akan jauh berkurang kenyamanannya.

Roda kemudi juga membutuhkan minyak, khususnya di bagian power steering. Apabila terdengar suara ketika berbelik dan kemudi terasa keras, itu menandakan ada gangguan pada cairan power steering. Apabila kondisi tersebut tak segera ditangani, maka kerusakan akan merembet pada pompa power steering dan bagian kemudi lainnya.

Kemudian, jangan lupa untuk memeriksa kondisi minyak rem. Bagian ini sangat penting untuk dijaga untuk mencegah terjadinya rem blong.

Tulisan ini adalah rangkuman dari fitur Klasika di Koran Kompas, 12 November 2012, pada artikel yang berjudul ‘Peduli dengan Cairan Kendaraan.’

Sumber gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: