Kiat: Pemeriksaan Kondisi Keuangan


Apa, sih, yang dimaksud financial diagnosis?

Pemeriksanaan kondisi keuangan atau financial diagnosis adalah upaya mengetahui fakta sesungguhnya tentang kondisi keuangan kita. Upaya ini hendaknya dilakukan secara berkala agar segera mungkin kita bisa mendeteksi penyakit yang menggerogoti kesehatan dompet.

Secara sederhana, sebuah laporan keuangan keluarga yang bagus mencakup beberapa hal. Pertama, daftar yang berisi seluruh aset dan kewajiban sekaligus nilai masing-masing. Dengan memerinci aset dan utang, Anda bisa mengetahui nilai kekayaan bersih Anda.

Jika nilai aset dikurangi nilai kewajiban masih menyisakan angka, itulah kekayaan bersih Anda. Kalau angka itu positif, berarti sebagian aset Anda berasal dari uang Anda sendiri atau pemberian. Anda boleh tenang.

Sebaliknya, jika angka itu negatif berarti sesungguhnya Anda dalam kondisi berbahaya. Sebab, seluruh aset Anda ternyata “milik” pihak lain, yaitu para pemberi pinjaman. Jika karena sebab tertentu Anda tak bisa membayar utang sehingga pemberi pinjaman menyita seluruh aset, maka Anda tak punya apa-apa lagi.

Kedua, Anda juga perlu membuat daftar yang berisi perincian penghasilan dan pengeluaran selama setahun terakhir. Daftar yang sering disebut sebagai laporan arus kas ini menunjukkan adanya surplus pendapatan, defisit, atau keseimbangan.

Jangan sampai pengeluaran Anda lebih besar daripada penghasilan. Hal itu biasa disebut besar pasak daripada tiang. Kalau kondisi ini dibiarkan, keuangan keluarga Anda menuju kehancuran.

Tulisan ini adalah rangkuman dari suplemen pada Indonesia Financial Expo & Forum (IFEF) 2012 pada artikel berjudul ‘Kantong Sehat Modal Sejahtera’

Sumber gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *