Kiat: Nyaman Menggunakan Lensa Kontak

Anda yang menggunakan lensa kontak, pernahkah merasa tak nyaman dengan perkakas ini saat menggunakannya? Barangkali kesalahan bukan pada lensa kontaknya, namun pada kebersihan di sekitar mata yang kurang dibersihkan.

Kotoran di sekitar area mata ternyata bisa melekat di lensa kontak dan mengganggu kenyamanan saat dipakai. Kotoran tersebyt bisa disebabkan produksi lipid berlebih yang telah mengeras, pengelupasan kulit mati di sekitar mata, debu, ataupun sisa riasan mata yang tertinggal. Tahukah Anda, kotoran ini menjadi sarang mikroorganisme.

Akibat yang timbul apabila mata kurang terjaga kebersihannya adalah iritasi, mata merah, gatal, perih dan ketidaknyamanan lainnya. Cara membersihkan bisa dengan menggunakan cotton bud atau handuk bersih, diusapkan ke sekeliling kelopak dan bulu mata. Hanya harap diingat, bagian permukaan mata tak boleh terkena cotton bud.

Tulisan ini adalah rangkuman dari fitur Klasika di Koran Kompas, tanggal 05 September 2012 yang berjudul, ‘Pengganggu Kenyamanan Lensa Kontak.’

Sumber Gambar

One Response

  1. Kirain panjenengan pake lensa kontak.
    Kenyamanan menggunakan lensa kontak tidak hanya memperhatikan kebersihan lensa kontak saja, tetapi juga tempat penyimpanan lensa kontak dan kesehatan mata.

    *panjang. Nanti kutulis di blog* :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: