Kiat: Memelihara Binatang

Sejujurnya saya kurang suka dengan binatang peliharaan. Bagi saya repot sekali kalau memiliki binatang. Bagi saya, lebih mudah memelihara tanaman daripada memelihara binatang. Apalagi kalau yang dipelihara itu burung, kendati saya suka suara kicauannya, namun saya kasihan melihatnya terkungkung di kandang.

Namun, tetap bagi beliau yang baru ingin memelihara binatang, ada baiknya memerhatikan tips berikut ini:

Diskusi

Bila Anda berkeluarga, penting sekali mendiskusikan binatang apa yang akan dipelihara dan pastikan semua anggota keluarga setuju. Pasalnya, bisa saja ada anggota keluarga yang tidak menyukai suatu binatang tertentu atau memiliki alergi pada binatang tertentu. Oleh karenanya, agar semua orang di rumah nyaman dengan kehadiran binatang yang akan menjadi anggota keluarga baru, diskusi menjadi penting sekali.

Asal

Ini berkaitan dengan asal binatang yang akan dipelihara, bisa berasal dari tempat penampungan hewan, toko binatang, atau teman atau kerabat.

Bagaimana riwayat kesehatan binatang tersebut juga patut diketahui, adakah penyakit tertentu yang perlu perhatian khusus, upaya vaksinasi atau hal lain. Selain itu, suatu keuntungan dalam memelihara binatang apabila kita mengetahui bagaimana kebiasaan, sifat, kesukaan daripada binatang yang akan kita pelihara.

Tanggung Jawab

Nah, ini yang paling penting. Jangan sampai karena kurang bertanggung jawab kemudian binatang Anda terlantar. Wah, bahaya sekali, para aktivis pecinta binatang bisa marah besar karena keteledoran tak bertanggung jawab ini.

Makanan

Pilihlah makanan yang paling sesuai dengan binatang peliharaan, caranya dengan mendiskusikan (lagi) dengan teman atau kerabat yang memiliki binatang peliharaan serupa atau bila perlu bisa dengan dokter hewan.

Tulisan ini adalah rangkuman dari fitur klasika di Koran Kompas, tanggal 28 Agustus 2012, yang berjudul ‘Tips Memelihara Binatang.’

Sumber gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: