Kiat: Agar Si Kecil Mau Makan

Apakah si kecil putra atau putri Anda sulit makan?

Katanya janganlah lekas putus asa manakala si kecil melakukan gerakan tutup mulut itu. Hal ini karena kecukupan nutrisi bagi sang buah hati sangatlah penting.

Hal yang pertama dilakukan adalah mencari apa sebabnya si kecil susah makan, biarpun makanan yang disajikan menarik, nikmat, serta sehat baginya.

Bisa jadi si kecil bosan dengan menu yang biasa, atau tekstur makanannya yang tidak sesai. Hal lain, bila si kecil sedang tidak sehat atau tumbuh gigi, seringkali juga mengalami kesulitan saat harus makan. Ruang makan yang kurang nyaman juga bisa menjadi penyebab.

Menghadapi kondisi tersebut di atas, ibu atau bapak harus sabar. Tetap kreatif agar nutrisi yang dibutuhkan dapat terpenuhi. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengencerkan makanan, memberikan susu formula sesuai dengan usia si kecil.

Apabila ruangan yang menjadi alasan, maka Anda perlu untuk menyiapkan langkah-langkah agar anak tetap senang. Bisa jadi dengan mencontoh ibu-ibu zaman dulu. Mereka tiap sore akan berjalan-jalan sambil menyuapi putrinya dan ngobrol dengan tetangga.

Rupanya anak kecil juga bisa merasa bosan. Apabila ini terjadi, maka dituntut kreativitas dari orang tua untuk mengubah atau mengombinasikan makanan. Selain rasa, maka bentuk makanan yang unik dapat mengurangi rasa bosan. Ujungnya adalah peningkatan nafsu makan, tentu dengan tidak lupa untuk memperhatikan porsi makan yang ideal.

Orang tua juga bisa memainkan ekspresi. Istilah orang jawa dengan ngiming-imingi, makanlah makanan si buah hati dengan ekspresi yang menunjukkan rasa suka dan nikmat luar biasa. Dengan demikian, anak pun akan tergerak untuk mencoba.

Oiya, jangan lupa untuk menggunakan peralatan makan kesukaan si kecil. Sebisa mungkin gunakan alat makan baik sendok atau piring yang paling disukainya. Cobalah dan lihat betapa ia akan lahap menyantap makanan itu.

Tulisan ini adalah ringkasan dari fitur Klasika di Koran Kompas, 02 September 2012, yang berjudul ‘Jika Si Kecil Susah Makan’.

Asal Gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: