Kiat: Merencanakan Pensiun

Sudahkah Anda merencanakan masa pensiun?

Kenapa masa pensiun harus direncanakan, bukankah masih lama?

Jangan pernah merasa terlalu muda atau dini untuk merencanakan dana pensiun, demikian dikatakan oleh para pakar keuangan. Saat ini yang sering terjadi adalah banyak orang yang terlambat untuk merencanakan dana pensiun. Rata-rata mereka yang merencanakan keuangan dimulai saat dirinya berumur 40 tahun.

Penundaan tersebut akan berakibat pada pemaksaan diri untuk melakukan strategi investasi yang agresif. Risikonya adalah terkena fluktuasi pasar yang menyebabkan hasil investasi justru tergerus lebih banyak. Namun, jika dimulai sejak awal dengan bijaksana, perencanaan pensiun jangka panjang membuat Anda lebih siap, sekaligus memperkuat fundamental ekonomi suatu negara secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa tips penting dalam mempersiapkan perencanaan keuangan.

Pertama, kembangkan gaya hidup sederhana. Jangan sampai pengeluaran Anda melebihi pendapatan bulanan. Usahakan untuk bisa menabung sekitar 3 persen, hingga 10 persen dari pemasukan bulanan untuk keperluan pensiun.

Kedua, kembangkan tabungan Anda. Hal ini memang terdengar klise, tetapi inilah kunci sukses meraih kebebasan finansial. Sering kali orang muda terperangkap kepada euforia pengeluaran membeli barang yang tidak penting. Triknya, menabunglah terlebih dahulu dan belanjakan sisanya. Lakukanlah secara konsisten.

Ketiga, segera selesaikan hutang Anda. Apabila memiliki banyak hutang, urutkan dimulai dari bunga yang paling tinggi atau bisa dijadikan semua utang tersebut dalam satu payung. Hal ini harus dilakukan agar pemasukan Anda dapat dialokasikan untuk persiapan pensiun, yang tentunya akan jauh lebih besar di 30 atau 40 tahun mendatang.

Alokasikanlah dana darurat, tetapi gunakan hanya untuk keperluan darurat. Secara garis besar, dana darurat minimal sebanyak tiga kali pengeluaran bulanan Anda jika berstatus lajang, sedangkan enam kali pengeluaran untuk yang sudah menikah dan punya anak.

Tulisan ini adalah penulisan ulang dari artikel di Fitur Klasika Koran Kompas, berjudul ‘Cermat Menyiapkan Masa Pensiun’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: