Kiat: Buat Prioritas saat Memilih Mobil

Setelah menentukan jenis mobil seperti apa yang akan dibeli, maka langkah selanjutnya adalah memilih merek mobil yang cocok dengan selera Anda. Memang nantinya akan sangat banyak pilihan, oleh karena itu perlu mempersempit parameter layak pilih. Tentukan apa yang menjadi prioritas Anda dalam membeli mobil.

Prioritas yang perlu dipertimbangkan di antaranya adalah: apakah irit bahan bakar, harga, keamanan, teknologi, atau merek?

Guna membantu menemukan mobil yang sesuai dengan prioritas, maka Anda perlu menggali informasi lebih lanjut. Sumber memeroleh informasi paling gampang adalah dari internet.

Kembali ke mempersempit pilihan pada merek tertentu, kemudian tengoklah situs-situs produsen masing-masing. Melalui situs produsen, seorang calon pembeli bisa mendapatkan informasi soal harga, eksterior, interior, kapasitas mesin, dan informasi lain soal mobil yang diincar.

Calon pembeli juga bisa memeroleh informasi dari forum-forum online atau mailing list yang membahas seputar otomotif. Akan lebih baik lagi jika Anda mencari informasi dari forum online milik komunitas pengguna merek mobil tertentu.

Selain internet, ajang pameran juga bisa menjadi tempat ideal untuk berburu mobil baru. Anda bisa menemukan beragam info dari berbagai agen tunggal pemegang merek di suatu tempat. Bahkan, Anda juga bisa menggali informasi soal produk dan layanan lebih detail. Biasanya, di pameran tersedia banyak brosur materi promosi selama pameran.

Anda juga bisa bertanya kepada tenaga penjual yang ada di tiap stan produsen. Jangan lupa juga, mintalah daftar harga mobil untuk membandingkan harga masing-masing varian dalam satu tipe.

Di pameran, biasanya juga disediakan area khusus untuk mencoba mobil yang ditaksir seorang pembeli. Manfaatkanlah fasilitas tersebut.

Keuntungan membeli mobil di pameran, biasanya terdapat diskon menarik selama ajang tersebut berlangsung. Tak jarang beberapa stan menawarkan potongan harga menarik. Pembeli juga bisa mendapatkan bonus tambahan, seperti gratis kaca film, karpet, dan iming-iming lain. Tak jarang, bonus tersebut bisa berupa undian berhadiah voucher belanja atau sepeda motor.

Apabila tak sempat mencari informasi di internet dan tak juga punya waktu berkunjung ke pameran, maka sebaiknya langsung datang ke showroom.  Di sana pembeli bisa mendapatkan penjelasan yang lebih detil mengenai mobil yang diincar.

Selain pembeli bisa mendapatkan informasi yang lebih detail tentang kendaraan itu sendiri, informasi yang berkaitan dengan layanan purna jual juga bisa diperoleh. Selain itu, pembeli juga bisa memeroleh informasi mengenai pembiayaan mobil bila Anda berniat membeli mobil secara kredit.

Yang perlu menjadi catatan, informasi yang didapat dari diler adalah informasi positif. Oleh karena itu, pembeli tetap harus kritis saat memilih mobil incaran. Lebih lanjut, biasanya di showroom tidak terdapat bonus atau tawaran lain sebanyak di pameran.

Tulisan ini adalah rangkuman dari Tabloid Kontan Edisi Khusus, ‘Panduan Cerdas Memiliki Mobil’ yang terbit pada bulan Juli 2012, khususnya pada artikel berjudul, ‘Galilah Informasi agar Tak Salah Pilih’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *