Kiat: Memilih Mobil

Ada banyak jenis mobil yang beredar di negara kita, yaitu sedan, multipurpose vehicle (MPV), sport utility vehicle (SUV), hatchback, citycar, serta kendaraan niaga. Kemudian masing-masing jenis mobil, kecuali hatcback dan citycar, terbagi dalam beberapa segmen, tergantung kapasitas mesin dan harga mobil. Contoh, segmen sedan adalah mini, small, medium, dan high. Agar tak salah pilih, mari mengenali jenis-jenis mobil tersebut.

MPV

Mobil jenis ini juga mendapat julukan mobil keluarga lantaran sanggup menampung tujuh penumpang sekaligus. Lalu, kendaraan  yang memiliki tiga baris kursi tersebut masih punya ruang sisa di belakang kursi baris ketiga untuk bagasi. Tapi, jika hanya membawa lima penumpang atau kurang, maka tempat duduk baris ketiga mobil ini bisa dilipat untuk menaruh barang-barang yang lebih banyak lagi.

MPV dibagi ke dalam dua segmen, yaitu low MPV segment dan MPV segment. Mobil-mobil yang masuk ke dalam low MPV segment adalah mobil dengan harga Rp 100-180 juta, serta berkapasitas mesin 1.000-1.500 cc. Sedangkan MPV segment ialah mobil-mobil seharga di atas Rp 180 juta dan berdapur pacu di atas 1.500 cc.

SUV

Karakteristik dari mobil jenis ini adalah bongsor dengan tampilan sporty dan gagah. Biasanya bisa menampung antara lima hingga tujuh penumpang. SUV terkenal memiliki kemampuan mumpuni di segala medan, baik tanjakan terjal, jalan berlumpur, hingga menembus banjir.

Kendaraan ini dibekali dengan sistem penggerak empat roda atau four wheel drive (4WD). Namun, ada juga SUV yang memakai two wheel drive (2WD) yang umumnya dipakai untuk di dalam kota. Hal inilah kemudian yang menyebabkan munculnya istilah City SUV.

Mobil jenis ini mengandalkan ketangguhan mesin serta bodi yang kuat. Tentu, bagi mereka yang senang berpetualang di medan off road, SUV adalah pilihan ideal. Lantaran ketangguhannya itulah, maka harga SUV di atas Rp 200 juta.

Sedan

Mobil jenis ini memiliki karakteristik moncong atau bonet, kabin penumpang, dan buntut untuk bagasi. Kapasitas penumpang kendaraan ini maksimal hanya 4 orang. Sedan berkaitan dengan simbol status sosial seseorang.

Harga sedan bervariasi, tergantung pada kapasitas mesin dan fitur-fitur yang tersedia. Semakin besar kapasitas mesin dan kecanggihan fiturnya, semakin mahal pula harganya. Harga jual sedan mulai dari Rp 250 juta ke atas.

Hatchback

Tampilan mobil ini selintas mirip sedan, terutama jika dilihat dari depan. Hanya, karakteristik yang menonjol pada kendaraan ini adalah pada sisi belakang yang tidak memiliki kabin bagasi.

Seperti juga sedan, maka hatchback memiliki daya tampung maksimal hanya bisa empat penumpang. Hasilnya, mobil ini juga tak cocok digunakan untuk keperluan pergi keluar kota karena bagasi yang tersedia pun tak banyak.

Hatchback cocok digunakan di kota besar, mereka yang membeli mobil jenis ini tak memikirkan soal kapasitas kabin. Paling penting, mobil ini praktis dipakai untuk menjalankan kegiatan mereka. Kendaraan ini cocok untuk yang masih single. Harga mobil ini bervariasi, tergantung pada kapasitas mesin dan fitu yang ada. Hatchback dilepas mulai harga Rp 150 juta ke atas.

City Car

Mobil ini diperuntukkan khusus di kawasan perkotaan. Khususnya kota yang padat dan kerap dihiasi kemacetan layaknya Jakarta. Bentuk city car mungil sehingga lebih lincah bermanuver saat harus berjibaku dengan kondisi jalan yang macet.

City car bisa masuk ke jalan-jalan alternatif yang ukurannya lebih kecil ketimbang jalan raya demi menghindari macet. Kapasitas mesin city car biasanya di bawah 1.200 cc, sehingga lebih irit bahan bakar. Harga city car bervariasi mulai dari kisaran Rp 90 juta.

Kendaraan Niaga

Sesuai dengan namanya, kendaraan ini berfungsi untuk keperluan usaha. Misalnya, mengangkut barang dagangan atau angkutan umum. Kendaraan ini punya lima segmen, yaitu pikap, minibus dan mikrobus, truk dan bus ringan, truk dan bus, serta truk berat.

Tulisan ini adalah rangkuman dari Tabloid Kontan Edisi Khusus, ‘Panduan Cerdas Memiliki Mobil’ yang terbit pada bulan Juli 2012, khususnya pada artikel berjudul, ‘Mobil Keluarga Merajai Pasar Mobil Indonesia’.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: