Kiat: Memanfaatkan Ruang Mungil

Kenyamanan dalam rumah bisa tercapai kalau kita memiliki ruangan yang luas. Tambah lagi apabila kesejukan ruangan terjaga, serta memungkinkan siapa pun untuk terlelap di sana. Bagi saya, saat bisa terlelap di suatu ruangan, maka ruang itu bisa menimbulkan kenyamanan.

Nah, permasalahannya, saya tak punya rumah dengan ruangan-ruangan luas. Guna membaca koran saja, mengingat hobi saya yang suka mengkliping koran, maka koran tersebut saya sebar, dan memenuhi seluruh ruang tamu. Hehe.

Rupanya saya memerlukan penataan ulang bentuk ruang dan perabot. Menata ulang bentuk ruang tentu saja tak bisa saya lakukan. Bisa-bisa kalau saya melakukan ini, pemilik kontrakan akan mengusir saya.

Saya dan barangkali Anda yang punya rumah dengan ruangan yang sempit bisa melakukan kreativitas agar permasalahan ruang kecil bisa diselesaikan. Beberapa contoh yang saya dapat dari membaca koran adalah:

Galilah sudut ruang yang awalnya “stagnan”. Jenis ruangan ini perlu dibedah menjadi satu kesatuan ruang yang luas dan leluasa. Sebagai contoh, manfaakan ruang tamu menjadi teras atau duduk-duduk.

Setelah itu, di ruangan baru yang tercipta hiasilah dengan perabot-perabot yang minimalis dan tidak mudah kotor. Apabila ingin menambah kesejukan, maka bisa juga dengan menambahkan kolam hias kecil lengkap dengan aneka tanaman hias yang bisa menyehatkan mata.

Kembali ke pemanfaatan ruang, maka tembok yang semula menjadi penyekat ruangan dapat digantikan dengan perabot-perabot minimalis atau kaca bertirai. Tanpa adanya fisik tembok, fungsi kedua elemen itu tetap mampu menggantikan. Tentu saja kalau ini rumah pribadi, karena kalau kontrak harus izin dulu, bukan? 😀

Faktor pencahayaan alami juga jangan ditinggalkan. Kita bisa mengatur pencahayaan di dalam rumah dalam bentuk bukaan. Sementara itu, apabila rumah berlantai dua, maka perlu dipilih material tangga yang ringan seperti bahan plat besi yang ramping.

Warna cerah pada dinding tangga atau void mampu menjadi focal point hunian. Pemberian warna yang berbeda ini juga bisa diberikan pada voyer atau selasar sebagai pembeda ruang. Tak lupa, pasanglah foto-foto atau lukisan di dalam bingkai yang menarik.

Tulisan ini adalah ringkasan dari Fitur Klasika di Koran Kompas berjudul ‘Lahan Kecil Bukan Masalah’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top
%d bloggers like this: