Kiat: Hobi Kartu Pos

Apakah Anda sudah bergabung dengan Postcrossing? Sebuah situs yang memungkinkan Anda untuk bisa saling bertukar kartu pos dengan rekan di seantero penjuru dunia. Kartu pos yang kita kirimkan atau peroleh kemudian menjadi koleksi. Mengumpulkannya menjadi semacam hobi.

Hobi sesungguhnya adalah kegiatan yang menyenangkan hati, tetapi bisa juga memberikan manfaat lain seperti pertemanan dengan orang yang memiliki hobi serupa, memperoleh pengetahuan baru atau bahkan mendatangkan uang.

Apabila ingin menekuni hobi yang satu ini, maka ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal berikut:

Keunikan adalah pembeda kita di hadapan orang lain. Oleh karena itu, apabila hobi mengoleksi kartu pos yang Anda pilih, maka terlebih dahulu harus ditentukan secara spesifik kartu pos yang akan dikoleksi.

Kendati Anda ingin berbeda dengan orang lain, namun pertemanan sangat penting. Biarkan orang lain mengerti hobi Anda. Dengan demikian, orang lain akan tahu ke mana akan menghubungi apabila ia menginkan kartu pos yang kebetulan Anda memilikinya.

Kartu pos seperti barang peninggalan nenek moyang. Oleh karena itu tak ada salahnya mengoleksi kartu pos dari zaman dulu. Semakin antik sebuah kartu pos, maka harga jualnya akan semakin tinggi.

Bagaimana merawat kartu pos? Agar tidak mudah rusak, maka perlu menggunakan album foto atau tempat khusus agar tidak mengalami kerusakan.

Tetaplah fokus dalam berburu kartu pos sesuai dengan spesifikasi yang kita cari, Anda bisa berburu lewat internet atau perkumpulan-perkumpulan untuk bisa saling tukar.

Sudah siap untuk memiliki hobi sebagai pengoleksi kartu pos?

Tulisan ini adalah rangkuman dari fitur Klasika di koran Kompas yang berjudul ‘Mengoleksi Kartu Pos”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *