Tujuan Menulis

Photo by Lum3n from Pexels

Pada tulisan terdahulu, saya sudah berbagi alasan-alasan seseorang menulis. Kali ini saya ingin menyampaikan tujuan seseorang menulis.

Tujuan pertama adalah untuk mengembangkan proposal. Contohnya saat Anda menjadi anggota sebuah organisasi, maka untuk meraih pembiayaan untuk proyek atau mendapatkan dukungan dari organisasi yang lain, donor, institusi pemerintah, dan lainnya.

Dalam kondisi tersebut, maka Anda perlu membuat sebuah proposal. Dalam menyusun proposal, maka sangat penting untuk memiliki kemampuan menulis guna menghasilkan suatu dokumen proposal yang baik. Di dalamnya bisa berisi latar belakang, tujuan, langkah-langkah yang diperlukan, hingga rincian pendanaan, dan rencana kerja dalam menyelenggarakan proyek Anda.

Tujuan yang kedua adalah untuk membuat suatu kisah. Di sini bisa apa saja, dari cerpen hingga novel. Tujuannya untuk membagikan suatu pelajaran, pengalaman hidup, hingga berbagai maksud lainnya.

Menulis suatu kisah menjadi satu keterampilan yang sangat penting saat ini, karena storytelling atau berkisah menjadi keterampilan yang dicari.

Suatu kisah dapat mempengaruhi orang lain pada ide, produk, atau layanan yang Anda tawarkan. Hal ini terjadi karena otak manusia tercipta untuk mendengarkan suatu kisah. Jika Anda mampu berkisah dengan baik, maka orang lain mungkin akan tertarik pada ide, produk, atau layanan yang Anda tawarkan.

Tujuan menulis ketiga adalah sebagai dasar untuk membuat suatu pidato atau opini di media massa. Kemampuan menulis sangat penting dimiliki oleh para pemimpin atau yang membantu pemimpin untuk menyusun pidato. Kemampuan menulis yang baik memungkinkan suatu pidato akan baik pula, sehingga mereka yang mendengar atau membaca dapat memahami maksud-maksud dan pesan-pesan yang disampaikan dalam pidato tersebut.

Sementara itu, untuk opini di media massa, maka kemampuan menulis juga penting. Sebab format yang diminta biasanya dalam bentuk tulisan. Kemudian tulisan tersebut tentu bukan sembarang tulisan, tetapi suatu tulisan yang baik dari segi strukturnya, alur logikanya, formatnya. Selain itu, penggunaan dan kemampuan dalam berbahasa, serta menulis sesuai dengan kaidah-kaidah yang ditunjukkan juga sangat penting jika Anda ingin menulis untuk sebuah media.

Selanjutnya tujuan menulis yang keempat adalah untuk mendukung penyusun suatu laporan dalam berbagai organisasi. Oleh karena itu, seorang penulis dan laporan adalah dua hal yang tidak bisa terpisahkan. Laporan dapat sebagai pertanggungjawaban rekaman capaian hingga arsip-arsip yang sangat penting.

Oleh sebab itu, maka penyusunan laporan haruslah dilakukan sebaik mungkin. Laporan dengan penyusunan yang baik biasanya dihasilkan oleh seseorang yang memiliki kemampuan menulis yang baik pula.

Selain yang sudah disebutkan di atas, saat ini banyak pula tujuan lain dari menulis, seperti menulis atau berbagi di media sosial, di pesan-pesan singkat melalui aplikasi seperti WhatsApp, LINE, telegram, dan juga berbagai kebutuhan lainnya.

Dalam kebutuhan-kebutuhan tersebut saat ini kemampuan menulis sangat penting, karena dapat menjadi suatu jembatan komunikasi dari kita kepada orang lain.

Setelah mengetahui tujuan menulis maka kita akan melanjutkannya dengan bagian yang berikutnya, yaitu apa saja kebiasaan para penulis.

Leave a Reply