Sedikit perbaikan setiap hari memberikan manfaat untuk perubahan. Namun, pertanyaannya bagaimana kita membuat suatu perubahan setiap hari tersebut? Serta apa manfaat melakukan sedikit perbaikan setiap hari? 

Kemudian apakah kita harus melakukan perubahan yang luar biasa atau cukup perubahan sedikit, tetapi konsisten?  

Tim Denning, Blogger dari Australia itu menyarankan agar kita melakukan yang kedua. Artinya melakukan perubahan sedikit demi sedikit, tetapi rutin dan dilakukan setiap hari.  

Kurang lebih ilustrasinya seperti ini:  

  • 1 pangkat 365 = 1 
  • 1,01 pangkat 365 = 37,7 

Artinya: tidak melakukan sesuatu VS upaya kecil yang konsisten 

Penjelasannya adalah:  

Baca juga: Tim Denning: Tantangan Terbesar Seorang Penulis

Saat satu berpangkat 365, maka hasilnya tetap satu, artinya kita tidak melakukan apa pun, artinya lagi tidak ada perubahan yang kita lakukan.  

Namun, jika 1,01 berpangkat 365, maka hasilnya adalah 37,7, artinya sedikit perubahan yang konsisten menghasilkan perbedaan yang besar sekali.  

Dari ilustrasi tersebut, sekarang manakah yang akan Anda pilih?  

Apakah Anda hanya akan berpangku tangan dan tidak menghasilkan apa pun atau konsisten melakukan perubahan sedikit demi sedikit setiap hari?  

Rahasia yang Sedikit 

Dari yang sedikit itu, jika lama-lama dikumpulkan, maka akan semakin banyak. Seperti kata pepatah dari Eropa, ‘setetes demi setetes, lama-lama menjadi danau’.  

Perubahan sedikit dan tidak drastis yang dilakukan setiap hari juga memberikan keuntungan kepada kita. Perubahan kecil itu akan membuat kita merasa lebih baik, karena tidak ada tuntutan untuk melakukan perubahan yang luar biasa drastis. Selain itu, perubahan sedikit juga akan lebih mudah dicapai, bukan?  

Akhirnya, kita perlu mengingat bahwa hidup terdiri dari tindakan-tindakan kecil yang dilakukan terus menerus setiap hari. Bahkan, mungkin saja tindakan kecil itu tidak disadari oleh orang-orang di sekitar kita.  

Selamat melakukan perubahan-perubahan kecil, ya.  

Sumber: timdenning.com dengan perubahan.

www.domainesia.com