Berhenti Menyalahkan dan Membuat Alasan, kata Robin Sharma

Ada persoalan besar ketika kita mulai menyalahkan dan membuat alasan. Menyalahkan orang lain, berarti menghilangkan tanggung jawab kita sendiri.  

Perubahan menjadi seorang pemimpin, pengusaha (entrepreneur), manusia yang kreatif, terjadi pada saat kita berhenti menyalahkan orang lain. Apakah itu orang tua, masa lalu, usaha atau bisnis, anak-anak, kondisi ekonomi, hingga negara. 

Setiap kali menyalahkan dan membuat alasan, maka saat itulah imajinasi Anda pun memperhebat dampaknya.  

Hasilnya Anda menjadi lemah, karena saat itu Anda memberikan berbagai kondisi eksternal berbagai kekuatan yang ada dalam diri.  

Nah, kemudian pertanyaannya adalah, bagaimana meraih kekuatan kita kembali?  

  • Berhenti menggunakan bahasa korban dan mulailah menggunakan bahasa kepahlawanan.  
  • Andalah pahlawan itu. Hal ini dimulai dari tanggung jawab pribadi secara penuh. 

Anda dapat melihat berbagai hal yang tidak bekerja dengan baik dalam kehidupan, seperti hubungan pribadi, produk, layanan, hingga kesehatan.  

Daripada terus menerus menyalahkan dan membuat alasan terhadap berbagai hal tersebut, Anda mulai meyakini terjadinya berbagai hal itu. Sebab, manusia sangat pintar dalam mengubah pandangan pada apa yang kita pikirkan, rasakan, bicarakan, dan kerjakan.  

Kita perlu melakukan APP: Absolute Personal Responsibility, artinya mengambil tanggung jawab personal secara penuh. Caranya dengan:  

  • Terus melangkah maju 
  • Persisten dan konsisten menjadi suatu hal yang sangat berharga 

Selanjutnya kita pun perlu melakukan NSG: Never Stop Growing, atau tak pernah berhenti bertumbuh.  

Hampir semua orang yang sukses tak pernah berhenti tumbuh dan berkembang, mereka tak pernah berhenti belajar, mereka juga tak pernah kehilangan rasa penasaran.  

Baca juga: Dua Belas Perbedaan Pekerja Biasa dan Luar Biasa

Pendidikan menjadi pengubah permainan, ketika Anda melakukan investasi berupa pembelajaran, Anda dapat melihat berbagai sudut dengan lebih baik.

Anda tak lagi menyalahkan dan membuat alasan, Anda justru mencari tahu apa yang tidak berhasil dari kesalahan yang dilakukan. Anda mencari tahu bagaimana mereka yang profesional melakukan berbagai hal yang luar biasa.

Jika mereka bisa, maka tentu Anda pun bisa melakukannya!

Leave a Reply