Keputusan Baru

Membuat keputusan baru mungkin tidak mudah bagi pemimpin dan siapa pun. Terutama jika keputusan tersebut tidak dilandasi dengan informasi, data, dan kelengkapan lainnya.  

Namun demikian, terhadap para pemimpin dan mereka yang telah mempercayai sesuatu, maka akan sangat sulit untuk mendapatkan pengakuan, bahwa mereka telah keliru atau melakukan kesalahan.  

Barangkali Anda pun pernah mengalaminya. Anda tahu benar bahwa pemimpin atau sekelompok orang yang mempercayai sesuatu telah melakukan kesalahan. Namun, apakah mudah mendapatkan pengakuan kesalahan tersebut dari mereka? 

“Saya keliru.” atau “Saya salah.”  

Dua kalimat itu akan sangat jarang kita dengar, terutama dari mereka yang memiliki kekuasaan.  

Dua kalimat itu juga akan sangat jarang didengar dari mereka yang sangat meyakini suatu hal, misalnya mereka sangat mempercayai suatu kebenaran.  

Menurut pakar marketing atau pemasaran, Seth Godin, maka akan jauh lebih mudah meminta orang lain untuk membuat keputusan baru berdasarkan informasi baru. 

Dengan cara itu, maka mereka dapat benar saat ini, dan juga mereka dapat percaya bahwa mereka benar sebelumnya.  

Dengan cara itu, maka kita tidak sampai mencederai kebanggan dan kepercayaan mereka.  

Oleh sebab itu, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan informasi baru, data baru, kenyataan dan fenomena baru.  

Setelah itu, maka langkah berikutnya yang dapat diambil adalah dengan mendorong seorang pemimpin atau mereka yang sudah meyakini sesuatu untuk membuat keputusan-keputusan baru.  

Baca juga: Bagaimana Sebuah Keputusan Diambil?

Sebuah atau beberapa keputusan yang didasarkan pada informasi, data, dan kenyataan baru tersebut.  

Cobalah dan kirim pesan ke saya atau komentar di tulisan ini ya, jika Anda berhasil mengubah pandangan, keputusan, dan juga kekeliruan mereka, para pemimpin dan yang sangat percaya sesuatu itu.

Leave a Reply