3 Cara untuk Menciptakan Pekerjaan Impian, Kata Jay Shetty

Jay Shetty, seorang kreator konten yang sangat berhasil di dunia membagikan tiga cara untuk menciptakan pekerjaan impian di salah satu Podcast-nya. Inilah catatan dari Podcast tersebut.

On Purpose with Jay Shetty

Setelah Anda membaca Tiga Mitos tentang Pekerjaan, kini tiba saatnya kita menelusuri tiga cara yang menurut Jay Shetty akan membantu kita untuk menciptakan pekerjaan impian.

Pertama: Cintai Pekerjaanmu Sekarang

Ini bukan bercanda, meskipun mungkin Anda sedang benci-bencinya dengan pekerjaan itu, haha.

Sebab, ingatlah bahwa kecintaan akan menarik kecintaan lainnya.

Ketika Anda tidak suka pada pekerjaan yang sekarang, maka besar kemungkinan Anda pun tidak akan suka pada pekerjaan yang baru. Sebab, energi suka atau tidak suka itu lebih berpengaruh dibandingkan pekerjaan itu sendiri.

Karena itu, ubahlah energi dan getaran yang melingkupi Anda terlebih dahulu dan bukan mendahulukan pergantian pekerjaan.

Satu fakta yang mungkin kita lupa adalah kita ingin mengubah situasi dan lupa, bahwa kita ditempatkan di suatu situasi tertentu untuk berubah.

Dengan pola seperti itu, akhirnya seperti sudah disebutkan: kita mengubah keadaan, tetapi hal yang sama (misalnya ketidaksukaan pada pekerjaan) akan kembali terjadi.

Baca juga: Kiat: Saat Anda Tak Suka dengan Pekerjaan

Kedua: Fokus pada hal-hal yang dapat kita pelajari dari situasi yang berbeda.

Inti dari langkah kedua ini adalah bagaimana kita mampu mempelajari perbedaan dalam suatu situasi untuk memanfaatkannya di kemudian hari atau waktu.

Artinya, tidak peduli apa pun posisi kita, tetapi kita memiliki kesempatan atau peluang untuk belajar bagi pengembangan diri kita sendiri.

Ketika Anda menemukan makna dalam suatu pekerjaan, maka saat itu pula ditemukan makna keberadaan diri Anda.

Ketika Anda mencintai pekerjaan, Anda mengundang perhatian dan orang-orang baru dalam kehidupan Anda.

Baca juga: Lima Cara untuk Mendominasi Menurut Robin Sharma

Memang benar saat-saat ini begitu mudah untuk stress, membuat perbandingan, mengeluh, dan mengkritik. Hal-hal ini jamak terjadi dalam kehidupan kita.

Jika semua hal negatif itu terjadi, lambat laun akan memengaruhi hidup kita pula. Hal-hal negatif itu kemudian tidak akan mengundang kesempatan baik terjadi dalam hidup Anda.

Kata Rumi, ‘luka adalah tempat cahaya masuk’.

Syukuri situasi yang terjadi pada Anda dan nantinya Anda akan menerima berbagai hal yang bisa disyukuri.

Ketiga: Lakukan yang Terbaik dengan Segala yang Anda miliki

Anda perlu berupaya sekuat tenaga dengan bertanya, berhubungan dengan orang lain, mengirimkan pesan, dan menanyakan bantuan seperti apa yang bisa Anda berikan.

Jika Anda belum memiliki kemampuannya, maka pelajari, ikuti kursus, bertanya pada mereka yang paham.

Anda intinya tidak boleh menyerah, tetapi mencari inspirasi.

Baca juga: Kenapa Jay Ingin Menginspirasi Orang Lain?

Sebab, Anda pasti memiliki kemampuan yang akan mewujud pada kesempatan dan peluang baru. Dengan demikian, Anda pun telah menciptakan suatu peluang-peluang baru.

Ketika Anda mengetuk lebih banyak pintu, maka Anda pun akan membuka pintu-pintu baru. Meskipun mungkin banyak juga yang tertutup, tetapi tetap akan lebih banyak yang terbuka dibanding Anda tak pernah mengetuk pintu sama sekali.

Akhirnya….

Suatu pekerjaan yang ideal memerlukan waktu. Anda akan menemukan pekerjaan yang tidak disukai, tetapi lambat laun Anda akan belajar.

Kemudian peluang-peluang baru akan datang.

Fokuslah pada pelajaran yang bisa Anda dapatkan dari pekerjaan Anda dan gunakan itu secara strategis untuk pekerjaan impian Anda.

2 comments

  1. Aku sudah mencintai pekerjaanku yang sekarang, Mas. Karena pekerjaanku yang sekarang aku masih bisa punya waktu sangat luang untuk membaca, menonton, dan menulis blog. Hahaha.

    1. Halo Kimi,

      Keren deh kalau gitu, wkwk.
      Emang sekarang kerja di mana, Kim?

      Salam hangat, sehat-sehat selalu ya.

Leave a Reply