Kiat (Tips)

Jay Shetty: 7 Tips Liburan di Masa Pandemi

Photo by Aiman Ahmed on Unsplash

Kali ini saya akan berbagi mengenai beberapa tips liburan yang disampaikan oleh Jay Shetty di salah satu podcast-nya. Kemudian saya mencoba menerjemahkannya untuk Anda.

Sebelum itu, saat ini kita menghadapi situasi yang sulit karena pandemi ini. Bahkan, mungkin ada di antara Anda yang seperti saya tidak bisa pulang ke kampung halaman untuk liburan. 

Saya sendiri tidak pulang mengingat banyaknya persyaratan yang diperlukan, seperti harus melakukan tes swab antigen. Kemudian mengingat nanti di jalan tol harus beristirahat, saya juga khawatir akan bertemu banyak orang yang kemudian meningkatkan risiko, karena tidak bisa menjaga jarak. Termasuk juga khawatir karena membawa anak-anak yang masih kecil. 

Akhirnya, liburan Natal kali ini pun saya memutuskan untuk tidak mudik dahulu. Nanti minggu depan saat tahun baru, mungkin saya mempertimbangkan untuk pulang dengan harapan sudah sepi dan karena ada beberapa keperluan keluarga. 

Dalam liburan kali ini yang istimewa dan tidak seperti biasanya, maka ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Menurut Jay Shetty, intinya adalah kita perlu mencoba beberapa kegiatan di situasi seperti saat ini yang mungkin belum pernah kita lakukan sebelumnya. 

Namun, mungkin bisa juga kita melakukan beberapa hal yang biasanya kita lakukan di liburan-liburan sebelumnya. Oke, sekarang kita mulai saja dengan tips dari Jay Shetty tersebut. 

Pertama, kita bisa membuat album foto atau galeri foto digital.  

Bagi Anda yang mampu berlibur kemudian bisa pulang kampung, tentunya dengan memenuhi semua persyaratan, maka bisa merekam momen-momen istimewa bersama orang-orang terdekat dan menjadikannya album foto digital. 

Karena berbentuk digital, maka kemudian Anda bisa membagikannya ke keluarga atau orang-orang terdekat. Upaya ini sangat bermanfaat untuk menciptakan dan merekam kenangan yang nantinya akan meningkatkan kedekatan dengan keluarga. Selain itu, jika nanti, semoga kita bisa melewati pandemi ini, maka album itu bisa kita lihat lagi dan saling bercerita saat ini di suasana yang berbeda. 

Kedua, etika membicarakan isu sensitif

Barangkali saat liburan kita akan bertemu dengan orang terdekat, tetapi memiliki persoalan yang perlu diklarifikasi, hutang yang perlu dibayar, atau kejadian lainnya yang sensitif, maka sebaiknya kita membicarakannya secara pribadi dengan yang bersangkutan dan tidak di depan orang banyak.  

Ketiga, buatlah lingkaran syukur. 

Kegiatan ini biasanya dilakukan di negara lain. Mereka berkumpul kemudian mengucapkan syukur secara bergiliran. Kalau di kita, mungkin kegiatannya adalah melakukan doa bersama. 

Pada kesempatan itu, kita dapat melihat apa saja hal-hal yang sudah dicapai di tahun ini. Kita juga dapat melihat apa yang sudah berjalan dengan baik kemudian apa yang belum berjalan dengan baik, dan apa upaya perbaikan yang bisa kita lakukan. 

Saat ini menjadi waktu yang tepat sekali, karena akhir tahun, untuk melakukan evaluasi termasuk mengucapkan rasa syukur dan berdoa. 

Keempat, buat kegiatan secara virtual. 

Saat ini, kita tidak bisa bertemu banyak orang, misalnya dengan keluarga besar, teman-teman kantor, atau teman-teman sekolah, atau pun teman di kampung. Padahal di waktu-waktu lalu kita bisa menemui mereka dengan mudah. 

Jika itu terjadi, maka disarankan untuk melakukan hal itu secara daring. Ini seperti melakukan rapat melalui Zoom, tetapi kegiatannya bukan rapat. Barangkali kita bisa bernyanyi bersama, mungkin dengan membuat mini konser bersama teman-teman dan keluarga.

Selain itu, kita pun bisa membuat masakan di rumah masing-masing kemudian melakukan pertemuan virtual menggunakan Zoom dan makan bersama-sama di tempat masing-masing. Mungkin hal itu bisa menjadi suatu ide yang menarik dan bisa dilakukan. 

Ada suatu ujaran yang menyatakan, bahwa kita bisa melakukan suatu perayaan dalam bentuk syukur atau doa bersama, dalam bentuk pesta kecil-kecilan, meskipun pada saat yang sama kita menghadapi suatu tantangan atau suatu kondisi yang sulit. 

Kelima, menonton film di rumah.  

Mungkin ini bisa menjadi suatu ide yang menarik. Bagi Anda yang berlangganan Netflix mungkin bisa menonton film bersama. Kemudian jika tidak mungkin ada layanan di Internet yang memungkinkan kita menonton film bersama. Atau jika memiliki CD lama, kita bisa menonton kembali film-film favorit di masa lalu. 

Guna melengkapi aktivitas itu, maka kita bisa menyediakan popcorn atau keripik, atau apapun itu. Intinya adalah membuat suasana menonton film di rumah semenyenangkan mungkin, sehingga Anda bisa dan mampu mengisi liburan kali ini. 

Keenam, adalah melakukan eksperimen baru untuk liburan. 

Situasi yang baru dan tidak normal ini menuntut kita untuk melakukan berbagai penyesuaian. Ini seperti saat Idul Fitri kemarin, ketika kita bersilaturahmi secara virtual. Adapun untuk kegiatannya, mungkin bisa ditengok kembali tips yang keempat. 

Ketujuh adalah dengan banyak berpikir, melakukan refleksi, evaluasi, dan resolusi. 

Dengan tidak pergi ke mana-mana dan hanya di rumah saja, maka bisa menjadi saat yang tepat untuk melakukan refleksi akhir tahun. Kita dapat melihat apa saja yang sudah kita capai dalam waktu setahun ini, kemudian menentukan apa yang perlu diperbaiki, dan termasuk juga untuk membuat resolusi di tahun yang akan datang. 

Resolusi itu misalnya Anda ingin menurunkan berat badan, melakukan olahraga secara lebih rutin, berhenti merokok, membuat konten yang lebih baik, menulis di Blog lebih banyak. Kemudian Anda pun berkeinginan untuk bekerja lebih giat dan lebih baik lagi. 

Nah, itulah tujuh ide yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan akhir tahun ini. 

Namun, di antara itu semua, yang paling penting ini adalah bagaimana kita bisa memberikan pelayanan kepada orang lain, menolong, dan mendukung mereka. Sebab, bisa jadi ada di antara kita yang tidak bisa menikmati liburan. 

Misalnya ada teman kita yang positif, sehingga mereka harus melakukan berbagai hal sendiri, maka kita bisa memberikan perhatian dengan menanyakan kabarnya, mengirimkan obat-obatan dan vitamin, termasuk memberikan hiburan. Kita pun bisa mengajak mereka untuk merayakan liburan ini dengan cara virtual, seperti tips ke 4 dan 6. 

Demikian yang bisa dibagikan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang kebingungan mencari ide untuk mengisi liburan kali ini.  

Oh iya, bagi Anda yang pulang dan mudik ke kampung halaman, maka disarankan untuk tetap mematuhi dengan ketat protokol kesehatan. Jangan sampai kemudian terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kampung sana. 

Oleh karena itu, kalau memang disarankan untuk mengikuti tes web antigen sebaiknya juga diikuti dengan baik. Kemudian menjaga kesehatan selama liburan juga sekali lagi jangan sampai dilupakan. Anda perlu menjaga imunitas tubuh, istirahat yang cukup, minum vitamin, dan lainnya. 

Semoga kita semua selalu sehat dalam liburan kali ini dan justru bisa menikmati liburan kali ini dengan baik, meskipun mungkin dengan berbagai batasan.  

Selamat menikmati liburan Anda dengan tetap menjaga kesehatan.

Salam hangat.

Leave a Reply