Penanggulangan Bencana

Sub Siklus Batuan

Photo by Artem Kniaz on Unsplash

Pertama kita perlu mengetahui, bahwa batuan adalah gabungan dari satu atau lebih mineral.

Sub Siklus Batuan adalah sub siklus terbesar dari siklus geologi dan terhubung dengan semua sub siklus yang lain.

Sub siklus batuan bergantung pada siklus geologi untuk pemanasan dan energi, sub siklus biogeokimia untuk material pembentuknya, dan sub siklus hidrologi untuk airnya.

Air sendiri kemudian berperan pada faktor cuaca, erosi, transportasi, deposisi, dan litifikasi suatu sedimen.

Dari proses pembentukannya, maka kita mengenal 3 tipe batuan.

Batuan Beku

Daur ulang batuan terjadi karena panas dari internal bumi yang mencairkan batuan di dalam bumi, sebagai akibat dari siklus tektonik.

Batuan beku terjadi karena kristalisasi batuan cair atau magma yang kemudian membeku di dalam dan di permukaan bumi.

Batuan Sedimen

Batuan yang berada di atau dekat dengan permukaan karena berbagai sebab akan terpecah-pecah secara fisik dan kimiawi. Faktor yang mempengaruhi, seperti cuaca. Kemudian pecahan tersebut membentuk partikel yang dikenal sebagai sedimen dengan ukuran bervariasi.

Sedimen tersebut kemudian dipindahkan (transport) ke tempat lain oleh angin, air, es, dan gravitasi ke suatu tempat penampungan, seperti samudera.

Air dan angin yang membawa batuan suatu ketika akan melambat gerakannya, es mencair, dan gravitasi pun terhenti, kemudian sedimen mencapai suatu tempat, tertahan dan berhenti. Proses ini yang kemudian kita kenal sebagai pengendapan.

Pengendapan yang semakin lama semakin banyak akan mengalami proses selanjutnya yang disebut litifikasi dan menjadi batuan padat atau dikenal sebagai batuan sedimen. Litifikasi ini melibatkan sementasi dan kompaksi manakala suatu sedimen tertutup oleh sedimen lainnya.

Batuan Metamorf

Kemudian karena terkubur, batuan sedimen berubah bentuk lagi (metamorf) sebagai akibat dari proses panas, tekanan, dan kimiawi.

Apabila batuan sedimen dan metamorf terkubur terlalu dalam kemudian bersentuhan dengan magma, maka akan mulai mencair dan menjadi awal dari sub siklus batuan.

Selanjutnya kita perlu juga mengenal ‘Siklus Hidrologi’

Sumber: Natural Hazards oleh Keller and DeVecchio

One Reply to “Sub Siklus Batuan

Leave a Reply