Penanggulangan Bencana

Peran Sejarah dalam Memahami Bencana

Photo by Andrew Neel on Unsplash

Kejadian bencana selalu berulang. 

Oleh karena itu, mempelajari sejarah kejadian bencana sangat penting untuk mendapatkan informasi bagi upaya pengurangan risiko bencana. 

Informasi yang berharga tersebut di antaranya bisa didapatkan dari foto udara, citra satelit, atau peta. 

Adapun bukti-bukti yang dilihat dari kejadian bencana di masa lampau adalah: waktu terjadinya dan kenampakan-kenampakan geologi. 

Kenampakan geologi yang dimaksudkan di sini adalah bentuk lahan, saluran, perbukitan, lembah-lembah, pantai, patahan, singkapan batuan, hingga aliran lava. 

Dengan melihat berbagai bukti tersebut, diharapkan dapat diketahui secara utuh beberapa faktor, seperti tingkat keseringan atau frekuensi kejadian suatu bencana dan dampaknya. 

Mempelajari sejarah kejadian bencana memungkinkan para peneliti dan responders untuk memprediksi dengan lebih baik kejadian bencana serupa di masa yang akan datang. 

Prediksi akan akurat melalui kombinasi antara sejarah dan pengetahuan saat ini, termasuk dengan menganalisis perubahan penggunaan lahan. 

Untuk memahami proses-proses geologi dan hasil bentukannya, maka perlu memahami suatu ilmu yang dinamakan siklus geologi.

Sumber: Natural Hazards, Keller and DeVecchio.

Leave a Reply