Kiat (Tips)

Seth Godin: Business and Marketing

Photo by Diana Parkhouse on Unsplash

Business 

Sebuah usaha bertujuan untuk menjalankan sebuah organisasi dan menciptakan berbagai nilai. Kemudian nilai ini bisa ditawarkan sebagai produk kepada orang lain dan setelah itu orang akan membeli penawaran tersebut.  

Selanjutnya sedikit rahasia mengenai keuangan dalam usaha. Orang memberikan uangnya, ternyata karena mereka mengira yang Anda lakukan sangat berharga dan bernilai lebih dari anggaran yang diperlukan pada proses produksi atau harga pembelian.  

Contoh dari pernyataan tersebut adalah saat Anda membeli kopi dengan harga 50 ribu, tetapi Anda bersedia membayar untuk harga 70 ribu.  

Marketing 

Upaya pemasaran dapat dilakukan dengan menceritakan suatu kisah mengenai nilai yang sesuai dengan kondisi para pendengar/pembaca/pemirsa. Tujuan akhirnya adalah mereka rela untuk memberikan uang.  

Sebagai seorang pengusaha/entrepreneur, maka perlu memulai atau mencari tahu:  

  • Bagaimana Anda menceritakan kisah?  
  • Siapa yang akan mendengar/membaca/menerima cerita Anda?  
  • Bagaimana Anda menciptakan nilai yang dipercaya oleh Anda sendiri, anggota tim, unit lain, dan khalayak yang luas?  

Seth Godin menyarankan agar sebagai seorang pemasar (marketers) apa pun itu, dari ide hingga berbagai barang, maka perlu memperhatikan tiga hal tersebut di atas.  

Sebab, jika mampu melakukan tiga hal itu secara terus-menerus, maka kemenangan pun bisa diraih di bagian akhir nantinya. 

Leave a Reply