Menulis

Syarat Paragraf yang Baik

Gambar oleh stempow dari Pixabay

Kali ini kita akan membahas syarat paragraf yang baik. 

Syarat paragraf yang baik adalah

Pertama, paragraf yang baik menyajikan satu tema. Kemudian hanya tema tersebut yang akan dikembangkan dalam tubuh paragraf. 

Kedua, adanya kelengkapan bukti-bukti lainnya untuk membentuk satu paragraf yang baik. 

Dalam hal ini disampaikan bukti-bukti, penjelasan, contoh, data, fakta, dan lainnya. 

Misalnya, saja saat Anda membuat sebuah paragraf mengenai syarat paragraf yang baik. Di dalam paragraf tersebut nantinya disampaikan beberapa syarat paragraf yang baik tersebut. Misalnya kesatuan, kelengkapan, dan seterusnya, sehingga paragraf tersebut menjadi lengkap. 

Ketiga, adalah adanya koherensi atau kepaduan. 

Artinya tema yang disajikan dalam pokok pikiran atau kalimat utama di paragraf tersebut berpadu dengan kelengkapan yang mendukung tema yang disampaikan. Hasilnya adalah tidak terjadi kesimpangsiuran atau pernyataan yang saling bertolak belakang antara satu dengan yang lain, yang justru akan membingungkan para pembaca. 

Keempat, adalah adanya order atau urutan pikiran. 

Nah, beberapa metode mengurutkan pikiran ini bisa digunakan, seperti perpindahan ruang, alur pergantian waktu, sebab dan akibat, pertanyaan jawaban, hingga alur umum-khusus, ataupun khusus umum. Semua itu adalah contoh-contoh order atau urutan pikiran yang bisa digunakan untuk membentuk satu paragraf yang baik.

Leave a Reply