Categories
Manajemen

Di Manakah Leverage Points Itu?

Apakah Anda tahu di mana titik pengungkit (leverage points) sebuah organisasi untuk mengawali sebuah perubahan?

Photo by Timo Volz on Unsplash

Banyak orang yang sangat percaya diri mengatakan, “Secara intuisi, kami mengetahui lokasi titik pengungkit di organisasi kita.”

Pengetahuan tersebut menyebar luas di banyak orang pada suatu organisasi. Sayangnya, kendati mereka ‘merasa’ mengetahui titik pengungkit tersebut, tetapi mereka mendorong titik pengungkit tersebut ke ARAH yang SALAH.

Contoh dari kesalahan tersebut adalah sebagai berikut:

Berbagai persoalan dunia, seperti kemiskinan, kelaparan, kerusakan lingkungan, menipisnya sumber daya alam, kerusakan perkotaan, dan pengangguran saling terkait satu dengan yang lain.

Para ahli kemudian menyampaikan satu titik pengungkit untuk mengatasi berbagai persoalan tersebut. Mereka mengemukakan jawaban ‘GROWTH’ atau ‘PERTUMBUHAN’.

Pertumbuhan yang dimaksud di sini contohnya adalah pertumbuhan penduduk dan yang paling sering disebut adalah pertumbuhan ekonomi.

Namun, dari pertumbuhan ada satu persoalan, yaitu meskipun pertumbuhan memiliki keuntungan, tetapi pertumbuhan juga menyebabkan kerugian yang seringkali tidak diperhitungkan.

Tahukah Anda, apa saja kerugian dari pertumbuhan tersebut?

Selanjutnya, mari kita tengok fakta sederhana, yaitu bahwa para pemimpin dunia pada saat itu menganggap bahwa pertumbuhan menjadi jawaban terhadap berbagai persoalan.

Baca di sini mengenai Leverage Points: http://pinuji.net/2020/07/09/memahami-leverage-points/

Leave a Reply