Categories
Manajemen

Mengenal SDM yang Multigenerasi

Generasi apa saja yang harus anda kenal dan bagaimana memaksimalkan kemampuan tiap generasi?

Photo by Liane Metzler on Unsplash

Saat ini di tempat kerja seringkali terdiri dari beragam generasi. Agar didapatkan hasil yang maksimal dari setiap organisasi, maka perlu diketahui karakteristik, apa yang mereka inginkan di tempat kerja, bagaimana cara memotivasi mereka, dan bagaimana meraih kesetiaan mereka. 

Pertama adalah Baby Boomers mereka lahir antara 1946 hingga 1964. Generasi ini sangat optimis dan mereka senang memberikan pelatihan membagikan pengetahuan. Mereka pun mempunyai etika kerja yang sangat kuat.

Generasi ini ini sangat setia sebagai karyawan dan mereka mempunyai budaya yang sangat hirarkis. Mereka sangat atau mempunyai peluang yang besar untuk menjadi seorang mentor bagi yang lain, dan mereka biasanya sangat dihormati.

Untuk memotivasi generasi ini, maka perlu ditingkatkan optimisme, kemudian perlu didengarkan pesan dan juga pengalaman dari mereka. Selanjutnya adalah memberikan kesempatan untuk berkolaborasi

Untuk mendapatkan kesetiaan dari generasi ini, maka perlu diberikan penghargaan secara terbuka mengenai pengalaman dan juga dedikasi mereka. Selanjutnya, perlu disampaikan kompensasi pensiun yang pantas dan tidak lupa menunjukkan dampak atau akibat atau hasil dari pekerjaan yang telah mereka lakukan.

Kelompok kedua adalah Generasi X mereka lahir antara tahun 1965 hingga 1979. Generasi ini cenderung bekerja secara mandiri atau independen. Mereka inovatif dan seringkali mereka adalah para komunikator yang luar biasa.

Generasi ini adalah karyawan yang dapat dipercaya. Mereka melihat peluang untuk menyelesaikan persoalan, sebagai rekan kerja mereka juga sangat kompeten, dan mereka mempercayai otonomi atau bekerja secara mandiri.

Untuk memotivasi Generasi X, maka perlu diperhatikan kemampuan mereka untuk berpikir kritis. Kemudian, memberikan penghargaan pada hasil pekerjaan mereka. Bisa juga dengan memberikan suatu pekerjaan yang penuh arti yang dapat mereka kerjakan secara individu atau sendirian.

Agar generasi ini dapat setia, maka perlu kepemimpinan yang menunjukkan keteladanan dan mempraktekkan atau melakukan apa yang anda sampaikan secara berkala. Berikan mereka proyek yang besar atau bernilai tinggi untuk dikembangkan dan dilaksanakan pada generasi ini hindari micro manajemen atau mengelola hal-hal yang detail.

Kelompok ketiga adalah Generasi Milenial mereka lahir antara tahun 1980 hingga 1995. Mereka sangat melek dengan teknologi  kemudian mampu bekerja secara kolaboratif dan fokusnya pada kebaikan bersama.

Generasi ini adalah karyawan yang sangat simpatik, mereka suka melakukan pekerjaan yang mempunyai arti dan tidak ragu-ragu untuk belajar keterampilan yang baru. Fleksibilitas adalah ciri lain dari generasi ini

Untuk generasi ini perlu diberikan motivasi dengan menyandingkan mereka kepada para pemimpin yang menginspirasi. Selanjutnya adalah berikan masukan atau feedback secepat mungkin terutama jika itu merupakan suatu penguatan atau pujian dan izinkan mereka untuk menunjukkan kesuksesan.

Pada generasi ini agar dapat setia, maka perlu diketahui apa ketertarikan dan tujuan mereka. Kemudian, perlu disampaikan kepada mereka bahwa pekerjaan yang mereka lakukan menambah nilai atau arti dari bisnis yang sedang dijalani. Yang tidak kalah penting adalah melibatkan mereka dalam berbagai proses pengambilan keputusan dan dengan meminta pendapat mereka.

Kelompok keempat adalah Generasi Z mereka ini sangat fasih dengan berbagai hal yang berbau digital. Kemudian, mereka juga sangat praktis dan mereka dibesarkan dalam dunia kerja yang sangat beragam. 

Generasi ini adalah para karyawan yang sangat kompeten, mereka mengharapkan gaji yang kompetitif, kemudian membutuhkan seorang mentor, dan kestabilan.

Untuk memotivasi Generasi Z, maka berikanlah teladan dan atau contoh praktik baik yang sudah pernah dilakukan, dan biarkan mereka menemukan sendiri berbagai pengalaman yang pernah dicapai oleh generasi sebelumnya. Kemudian, yang tidak kalah penting adalah berikan rasa penghargaan dan terima kasih atas kontribusi mereka pada organisasi

Untuk generasi ini kesetiaan dapat diraih dengan menawarkan kestabilan keuangan atau financial dan gaji yang besar. Selanjutnya berikanlah kesempatan untuk melakukan latihan kerja, sehingga mereka dapat meningkatkan keterampilannya. Yang tidak kalah penting adalah memberikan mereka kesempatan melalui berbagai momentum dalam hidupnya.

Leave a Reply