Categories
Perubahan Iklim

Adaptasi Perubahan Iklim

Apa yang dimaksud dengan adaptasi perubahan iklim?

Photo by Heather Morse on Unsplash

Adaptasi perubahan iklim adalah berbagai praktik dan tindakan oleh berbagai pihak untuk mengelola dan mengurangi risiko yang terjadi karena perubahan iklim.

Ada banyak definisi lain dari adaptasi perubahan iklim mengingat banyaknya pihak yang terlibat dan kepentingan mereka masing-masing. Namun, di sini kita ikuti saja definisi adaptasi perubahan iklim yang lebih sederhana.

Adaptasi perubahan iklim adalah:

  • Adaptasi pembangunan terhadap perubahan bertahap rata-rata temperatur, muka air laut, dan pola curah hujan.
  • Mengurangi dan mengelola risiko yang terkait dengan cuaca ekstrem yang semakin sering peristiwanya, semakin parah dampaknya, dan semakin susah diprediksinya.

Masyarakat di seluruh dunia selalu berusaha melakukan adaptasi terhadap perubahan iklim melalui berbagai mekanisme, seperti menanam padi yang lebih toleran terhadap kebutuhan air, berpindah pada tanaman yang lebih cepat tumbuh, dan upaya lainnya.

Namun, perubahan iklim memaksa masyarakat terdampak ke jurang di luar kapasitas mereka keluar dari sana. Mereka akhirnya kesulitan untuk mengatasi dampak dan beradaptasi pada perubahan iklim, sementara di masa lalu mereka masih memiliki kapasitas itu. Selain itu, proses perubahan iklim juga menyebabkan masyarakat lebih rentan, karena semakin sensitif dan terpapar pada berbagai dampak dari proses tersebut.

Pemerintah dan berbagai institusi perlu menyadari, bahwa isyu seperti keamanan, kemiskinan, dan kesejahteraan perlu dan bergantung pada integrasinya dengan strategi adaptasi perubahan iklim di berbagai sektor, dan pelaksanaannya di berbagai level.

Sementara itu, lembaga pembangunan dan para pekerja kemanusiaan juga memiliki tanggung jawab untuk membela atau mengadvokasi kepentingan dan hak-hak mereka yang rentan, seperti wanita, lansia, dan anak-anak yang harus menghadapi risiko yang besar. Mereka ini perlu menjadi prioritas dan dilibatkan dalam strategi adaptasi perubahan iklim di tiap organisasi atau institusi.

Adaptasi perubahan iklim selanjutnya adalah sebuah proses dan bukan suatu tujuan akhir. Hal ini terjadi mengingat dampaknya dan kebutuhan untuk mendukung masyarakat yang berisiko terdampak perubahan iklim, terutama untuk mengatasi ancaman bencana saat ini, menghadapi peningkatan jumlah dan tren cuaca ekstrem, mengelola risiko dan ketidakpastian, dan membangun kapasitas mereka untuk melakukan adaptasi.

Leave a Reply