Kepemimpinan

Lima Dimensi Meta-Leadership

Sumber: Dokumen Pribadi

Dalam kepemimpinan Meta atau Meta-Leadership, terdapat lima dimensi, yaitu: 

  1. The person

Ini adalah kemampuan seorang pemimpin untuk memahami dirinya sendiri. Artinya, mengenal betul kekuatan dan kelemahannya. 

  1. The situation

Ini adalah kemampuan seorang pemimpin untuk memahami keadaan yang dihadapinya. Dalam situasi krisis, keadaan ini seringkali berubah, sehingga memerlukan penyesuaian terus menerus. 

  1. Lead the Silo

Ini adalah kemampuan seorang pemimpin secara tradisional, yaitu memimpin mereka yang berada dalam kekuasaannya atau para stafnya. Pesan dalam bagian ini jelas, yaitu dukunglah staf, maka mereka akan mendukung Anda. 

  1. Lead Up

Ini adalah kemampuan seorang pemimpin untuk memahami apa prioritas dari boss atau atasan pemimpin tersebut. Setelah paham, maka tugas pemimpin Meta adalah memenuhi prioritas tersebut. 

  1. Lead Across

Ini adalah kemampuan untuk berhubungan dengan orang lain dari unit kerja, lembaga, atau institusi yang berbeda. Meta leaders perlu membangun hubungan atau jejaring untuk menciptakan pengaruh. 

Di bagian ini jika penjelasan dirasa terlalu singkat, maka Anda nanti bisa membuka tulisan berikutnya. Di sana saya jabarkan lebih jauh masing-masing dimensi secara lebih detail. 

Leave a Reply