Categories
Refleksi

Simon Sinek: Ketidaktahuan Generasi Masa Kini

Tahukah Anda apa saja hal-hal yang tidak dikuasai atau diketahui oleh generasi masa kini?

Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Menurut Simon Sinek, mereka memiliki ketidakmampuan atau ketidaktahuan berbagai hal untuk sukses.

Hal ini terjadi karena mereka terbiasa dengan berbagai hal yang dilakukan secara online.

Bagaimana mereka menjalin hubungan?

Mereka melakukan itu melalui berbagai sarana, mulai dari media sosial hingga fasilitas pengiriman pesan singkat.

Mereka mungkin jatuh cinta, menyatakannya, hingga memutuskan pasangan melalui berbagai fasilitas itu.

Dari ilustrasi tersebut, maka dapat kita ketahui, bahwa generasi masa kini memiliki ketidaktahuan bagaimana caranya berbicara dengan orang lain. Mereka pun tidak paham bagaimana melakukan percakapan yang sulit dan bagaimana menghadapi perlawanan.

Dalam dunia kerja, misalnya, generasi masa kini akan mengalami kesulitan saat harus menghadapi karyawan yang bermasalah. Mereka tak mampu meng-handle percakapan yang sulit dan penuh konfrontasi semacam itu.

Padahal itulah keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki jika mereka ingin sukses dan memimpin. Lebih penting lagi, mereka inilah yang kelak akan menjadi para pemimpin kita.

Para pemimpin adalah mereka yang melangkah pertama kali ke situasi yang tak pernah diketahui sebelumnya. Mereka maju terdepan menghadapi bahaya, menghadapi risiko, memperoleh kepercayaan.

Mereka pula yang akan melakukan percakapan yang sulit dengan orang lain. Mereka yang akan mengungkap berbagai hal terbaik dari orang lain.

Mengingat generasi masa kini tidak memiliki kemampuan itu, maka perusahaan atau organisasi perlu bertanggung jawab dengan memberikan pelatihan yang memadai dalam berbagai hal.

Pelatihan yang diperlukan tersebut antara lain adalah kemampuan untuk mendengar, komunikasi yang efektif, memberikan dan menerima masukan, serta bagaimana melakukan komunikasi yang sulit dengan orang lain.

Leave a Reply