Categories
Refleksi

Daripada Menyebarkan Ketidakpastian

Bagaimana mengahadapi ketidakpastian?

Photo by Evan Dennis on Unsplash

Di zaman yang serba tak pasti seperti sekarang ini, kita seringkali tersandung pada berita yang mengerikan. Anda bisa mencari sendiri contohnya ya.

Nah, ketimbang turut serta mengonsumsi atau menyebarkan berita semacam itu, menurut The World Economic Forum ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, yaitu:

  1. Jika merasa diri kita terlalu berlebihan terpapar berita, maka batasi dengan hanya membaca satu sumber berita yang terpercaya.
  2. Jadwalkan ‘waktu khawatir’. Di sisi lain, alokasikan waktu yang terkontrol dan batasi hanya untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan mental, beristirahat, diskusi yang berarti, dan berolah raga.
  3. Lakukan upaya sadar untuk mencari berita baik, atau jika terpaksa harus menyaksikan data statistik yang menakutkan, maka ambillah waktu sebentar untuk mengingat berbagai hal yang positif.
  4. Berfokus pada rutinitas normal untuk menciptakan stabilitas.
  5. Istirahatkan otak secara berkala dan manfaatkan kemampuannya (plastisitas)
  6. Menyadari, bahwa berbagai perubahan yang terjadi secara cepat juga menyebabkan otak kita berakselerasi untuk mempelajarinya. Otak pun mengalami kelelahan, seperti tubuh kita saat melakukan lari maraton tanpa berlatih.

Di antara aktivitas tersebut, manakah yang paling disukai dan apakah Anda punya saran yang lain?

Leave a Reply