Categories
Penanggulangan Bencana

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menghadapi PSBB

Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi PSBB?

Sumber dari https://images.app.goo.gl/gTQe8gLAHQ3ireZYA

Beberapa hari yang lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyampaikan bahwa pada tanggal 14 September 2020 Jakarta akan kembali memasuki masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang kedua. 

Berbagai ketentuan telah disampaikan dan barangkali Anda perlu mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

Pertama adalah makanan dan minuman serta kebutuhan pribadi/keluarga lainnya 

Di sini bisa disiapkan berbagai bahan makanan, seperti beras, sayur, dan buah-buahan. Kemudian makanan kecil yang mudah diolah dan dikonsumsi. 

Sebaiknya persediaan makanan dan minuman tersebut cukup untuk 14 hari. 

Kebutuhan lain yang juga penting untuk disiapkan termasuk barang-barang untuk keperluan sehari-hari, seperti sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi, shampoo, dan lainnya. 

Kedua yang perlu disiapkan adalah obat-obatan

Barangkali Anda memerlukan obat-obatan khusus yang hanya bisa dibeli di tempat tertentu, maka sebaiknya perlu disiapkan. 

Selain obat-obatan khusus, maka barangkali diperlukan juga obat-obatan yang umum. Misalnya obat penurun panas, betadine, obat sakit perut, obat susah buang air besar, dan lainnya. 

Tidak ketinggalan, yang paling penting adalah memastikan ketersediaan masker dan juga hand sanitizer. 

Ketiga adalah beberapa hal terkait dengan kesehatan mental 

Selain untuk menjaga kesehatan mental, maka hal ini termasuk untuk mendukung kerja-kerja yang dilakukan dari rumah. Barangkali ini saatnya Anda berlangganan internet melalui para penyedia seperti First Media, Telkomsel, IndieHome, dan lainnya. 

Mungkin anda juga memerlukan beberapa hal yang dapat mendukung aktivitas di rumah sebagai hiburan. Misalnya berbagai permainan, buku-buku, film, musik, tanaman hias, dan lainnya. 

Keempat adalah memperhatikan ketersediaan dana darurat 

Perlu dipertimbangkan adanya jaring pengaman anggaran bagi diri sendiri dan keluarga. Anggaran tersebut harus tersedia, karena bisa saja kita membutuhkan uang cash dalam jumlah yang cukup besar dan khawatir untuk pergi ke ATM. 

Oleh karena itu, maka diperlukan suatu kebijaksanaan dalam pemanfaatan uang, yaitu dengan hanya membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan. 

Perlu juga diperhatikan pajak, hutang, dan kredit yang mungkin akan jatuh tempo. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari konsekuensi lain, seperti denda. Jika memungkinkan, maka mintalah mekanisme kelonggaran pembayaran kredit, penurunan suku bunga, dan lainnya. 

Kelima adalah mempunyai daftar nomor darurat yang bisa dihubungi sewaktu-waktu 

Misalnya untuk keamanan, maka diperlukan kontak/nomor dari pihak kepolisian. Kemudian untuk kebakaran, maka perlu kontak dari dinas pemadam kebakaran. 

Selanjutnya nomor rumah sakit terdekat baik itu untuk covid maupun untuk keperluan lainnya. Jika Anda perlu informasi tersebut, Ndoro Kakung membagikan informasi mengenai kontak rumah sakit di DKI Jakarta.

Kemudian perlu diketahui pola kontak nomor dokter pribadi yang bisa kita hubungi sewaktu-waktu. 

Itulah beberapa persiapan minimal yang bisa dilakukan untuk menghadapi masa PSBB esok hari. 

Anda tidak perlu panik, tetapi persiapan perlu dilakukan dengan sebaik-baiknya. Hindari pula menimbun, karena justru akan menyebabkan kesulitan, bukan hanya bagi Anda, tetapi juga bagi orang lain.

Leave a Reply