Categories
Kiat (Tips) Refleksi

Dale Carnagie: Memahami Keinginan Orang Lain

Bagaimanana memengaruhi orang lain dengan memahami keinginan-keinginan mereka?

Photo by Charles Deluvio on Unsplash

Barangkali Anda memiliki makanan kesukaan, seperti pizza, mi godok, atau bakso. Namun, saat Anda ingin menangkap ikan, tak mungkin makanan kegemaran Anda tersebut digunakan sebagai umpan.  

Dari pemahaman ini, kenapa tak kita terapkan pada manusia?  

Kita tentu sangat peduli dengan keinginan sendiri. Namun, tak ada orang yang peduli. Sebab, mereka juga hanya peduli pada keinginan mereka sendiri.  

Jadi, satu-satunya cara untuk memengaruhi orang lain adalah dengan membicarakan apa yang mereka inginkan dan menunjukkan cara untuk mewujudkan keinginan tersebut.  

Setiap tindakan yang dilakukan manusia sejak lahir terjadi karena manusia tersebut menginginkan sesuatu.  

Oleh sebab itu, jika kita ingin orang lain melakukan sesuatu, maka yang perlu kita lakukan adalah dengan meningkatkan keinginan akan sesuatu pada orang lain tersebut. Mereka yang mampu melakukan hal ini akan mampu menggenggam dunia, tetapi mereka yang tidak dapat melakukannya akan berjalan sendirian.  

Besok, mungkin Anda ingin orang lain untuk melakukan sesuatu. Namun, sebelum bicara, berhentilah sebentar dan coba tanyakan pada diri Anda sendiri, “Bagaimana caranya membuat orang tersebut mau melakukannya?”  

Metode yang bisa digunakan, misalnya dengan membuat daftar keuntungan dan kerugian. Dalam daftar tersebut, dibuat apa saja keuntungan dan kerugian yang mungkin timbul jika orang melakukan atau tidak melakukan sesuatu.  

Salah satu jurus rahasia untuk sukses menurut Dale Carnagie adalah kemampuan untuk melihat dari sudut pandang orang lain. Kemudian Anda perlu melihat sesuatu dari sudut pandang orang tersebut dan juga Anda sendiri.

Leave a Reply