Categories
Kiat (Tips)

Tes, Pasarkan, dan Perbaikan

Pada berbagai hal yang kita lakukan, maka perlu dilakukan pengujian atau tes, pemasaran, dan upaya perbaikan. Lebih jelas penjelasannya, sebagai berikut:

Photo by Amélie Mourichon on Unsplash

Seringkali kita menghabiskan waktu, uang, dan bakat untuk bermimpi mengenai perusahaan yang kita bangun. Bahkan, mungkin menyiapkan peluncuran atau mewujudkan hasil final.

Sayangnya, kita belum pernah melakukan tes terhadap pasar. 

Padahal, kita perlu segera melakukan tes pasar, bahkan sebelum produknya siap. Kemudian mendapatkan bukti-bukti dari konsep secepat mungkin. 

Jika tak ada seorang pun yang bersedia membeli produk Anda, meskipun beberapa upaya sudah dilakukan, maka segeralah bergerak ke proyek atau upaya yang lain lagi. 

Segera dan pertama-tama pasarkan produk Anda lebih dulu, baru kembangkan dari situ. Sebab, waktu kita di dunia ini sangat terbatas. 

Jika Anda ingin membangun usaha atau tren saat ini start up, maka yang paling utama adalah berhubungan dan memeroleh pengalaman.

Selanjutnya mengupayakan berbagai perbaikan dan terus berusaha semakin baik dalam apa yang kita kerjakan melalui pembelajaran dari berbagai kesalahan yang kita buat. 

Source: Yann Girard, Test it and then build it

Leave a Reply