Kiat (Tips) Refleksi

Zig Ziglar: tentang Memulai Sesuatu

Sumber Gambar: https://miro.medium.com/max/4800/1*vSoNSBK6jd33CME25HGUmA.jpeg

Salah satu kutipan darinya yang sangat terkenal adalah “Anda dapat memulai dari mana saja, dengan apapun yang dimiliki dan kemudian Anda dapat pergi ke mana pun yang ingin dituju.” 

Dia juga menyampaikan bahwa, “Anda tidak harus menjadi seorang ahli untuk memulai,  tetapi untuk menjadi seorang ahli Anda harus berani memulai.”

Kutipan dari Zig Ziglar tersebut yang menjadi dasar bagi saya untuk melakukan suatu tindakan. 

Tahukah Anda bahwa sebagian besar orang tidak ingin mengambil tindakan karena mereka  khawatir akan terlihat bodoh atau tidak laku. 

Hasilnya adalah banyak sekali orang yang mempunyai kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman, tetapi mereka tidak ingin terlihat memalukan saat menyampaikan berbagai hal tersebut misalnya di YouTube atau Instagram. 

Akhirnya,mereka memilih bermain aman dengan cara menghindari membuka dirinya terekspos ke dunia luar. Akhirnya, mereka tidak Menindaklanjuti berbagai kelebihan-kelebihan yang dimiliki dengan metode-metode yang kekinian seperti penggunaan Live YouTube, kemudian Instagram TV, berbagi artikel di LinkedIn dan lainnya.

Ketakutan tersebut sebenarnya menjadi penghambat terbesar bagi seseorang yang ingin membuat suatu perubahan. 

Ibarat kata, Anda belum bertanding tetapi sudah kalah, karena melihat begitu banyaknya tantangan, hambatan, dan rasa malu, serta kekhawatiran lain yang mungkin timbul. 

Hal itu juga menunjukkan pernyataan dari Tung Desem Waringin yang mengatakan bahwa, “Hambatan terbesar bagi kita untuk menjadi seseorang yang tidak sama dengan kita sekarang 80% di antaranya berasal dari kita sendiri. Kemudian 20% di antaranya adalah faktor eksternal, tetapi sebenarnya faktor internal yang terlihat eksternal.” 

Contoh yang 20% itu adalah manakala orang tua atau pasangan Anda tidak menyetujui, maka Anda perlu belajar mengomunikasikan maksud dan tujuan kepada mereka. 

Jika hal itu terjadi pada Anda, maka Anda perlu mengubah pola pikir sesegera mungkin. 

Dalam dunia ini, tidak ada satu orang pun yang mampu meraih kesuksesan dengan cara instan, misalnya mengunggah satu video di YouTube dan langsung viral. Hal ini menunjukkan bahwa segala sesuatu membutuhkan proses dan memerlukan waktu untuk menghasilkan  hal-hal yang kita inginkan.

Pertanyaannya adalah apakah Anda bersedia untuk menikmati proses tersebut menghadapi berbagai tantangan dengan sumber daya yang terbatas yang dimiliki? 

Ingat sekali lagi pesan dari Zig Ziglar, bahwa Anda tak harus menjadi seorang ahli atau terkenal atau memiliki pengikut yang banyak sekali untuk memulai sesuatu. 

Namun, ketika Anda sudah memulai sesuatu maka mungkin saja berbagai hal yang Anda inginkan tersebut akan dapat tercapai.

Leave a Reply