Categories
Penanggulangan Bencana

Anak-anak dan Pemetaan Partisipatif untuk PRB

Anak-anak dapat terlibat dalam upaya pengurangan risiko bencana melalui upaya pemetaan partisipatif. Bagaimana hal itu dilakukan?

Foto oleh Markus Spiske dari Pexels

Dalam beberapa tahun terakhir, suatu bentuk pemetaan partisipatif muncul dengan adanya keterlibatan anak-anak pada proses pengurangan risiko bencana.

Pemetaan partisipatif memungkinkan anak-anak untuk memproduksi gambaran daerah di sekitar mereka, termasuk juga persepsi mereka terhadap suatu bencana,  kerentanan,  dan juga kapasitas.

Hal ini memungkinkan terjadinya keanekaragaman pengetahuan, persepsi ancaman dan juga bencana.

Peta tersebut memungkinkan anak-anak untuk dapat berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan mengenai pengurangan risiko bencana dengan orang dewasa.

Selain itu, teknologi dan juga permainan menggunakan peralatan atau gawai seperti  GPS, telepon genggam,  kamera digital,  realitas virtual,  dan video games,  memungkinkan anak-anak untuk berpartisipasi dalam proses pemetaan ancaman atau bencana.

Dalam Australian Journal of Emergency Management disajikan berbagai bentuk pemetaan partisipatif, tujuannya, kelebihan, dan kelemahan dari keterlibatan anak-anak pada aktivitas pengurangan resiko bencana.

Beberapa studi kasus digunakan pada saat anak-anak menggunakan Game Minecraft dan  pemetaan Lego. penelitian tersebut mendiskusikan berbagai peluang dan juga Tantangan untuk melakukan pemetaan partisipatif dengan anak-anak.

Leave a Reply