Categories
Menulis

Alasan Seseorang Menulis

Apa saja alasan yang mendasari seseorang untuk menulis?

Di tulisan kali ini saya ingin berbagi, kenapa kita perlu meningkatkan kemampuan menulis?

Bukankah sebenarnya semua orang sudah bisa menulis?

Namun, ternyata tidak semua merelakan tulisannya dibaca oleh orang lain. Menulis adalah kegiatan yang sangat penting, tetapi bagi sebagian besar orang aktivitas ini sangat menyulitkan.

Oleh karena itu, mari kita belajar untuk meningkatkan kemampuan menulis.

Pertama kita mulai dari alasan seseorang menulis sebagai berikut

Alasan pertama, menulis adalah untuk menemukan ide. Sebab Menulis menjadi sarana untuk menemukan sesuatu yang dapat merangsang pemikiran seseorang sehingga ide-ide pun akan bermunculan.

Alasan kedua, menulis membantu seseorang untuk memunculkan ide-ide baru. Hal ini terjadi karena menulis dapat membantu untuk menemukan hubungan antara ide satu dengan yang lain dan bagaimana keterkaitannya.

Kemudian menulis mampu membantu untuk mengorganisasi dan menyajikan konsep atau ide yang kita miliki. Hal ini sangat berguna untuk memperjelas dan membuat masuk akal berbagai konsep dan persoalan yang rumit.

Menulis juga membantu kita untuk bersikap objektif. Hal ini terjadi karena menulis dapat membantu kita untuk mengambil dan memberi jarak, serta mengevaluasi suatu ide, apakah sudah cocok atau belum, apakah pas atau tidak, apakah sesuai dengan yang kita harapkan atau tidak?

Dengan melakukan hal itu, maka dari ide yang baru dan dari ide yang muncul selanjutnya kita dapat melihat mana yang sesuai dan tidak sesuai dengan tulisan yang ingin kita hasilkan.

Kemudian menulis membantu kita untuk menyerap dan memproses suatu informasi. Hal ini terjadi karena dengan menulis kita dapat belajar suatu topik dengan lebih baik. Kemudian mempertajam dan memproses informasi yang lebih baik pula.

Alasan menulis selanjutnya adalah dapat membantu kita untuk memecahkan masalah. Sebab terkadang kita dapat menemukan ide lain atau isu lain pada saat kita sedang menyusun sebuah tulisan. Akhirnya proses tersebut justru makin memperkaya tulisan yang kita buat dan tidak jarang juga membantu kita untuk menemukan jalan keluar dari persoalan yang kita hadapi.

Alasan yang terakhir adalah menulis membantu kita untuk aktif mencari informasi.  Artinya kita tidak hanya pasif untuk sekadar menerima informasi. Pada saat menulis, tentu kita membutuhkan berbagai bahan agar tulisan kita semakin kaya.

Oleh karena itu, pada saat menulis adalah hal yang jamak jika kita juga aktif mencari informasi. Informasi tersebut dapat berasal dari berbagai sumber, misalnya fakta, data, penelitian, keterangan dari para ahli, wawancara dengan narasumber, dan sebagainya.

Dengan begitu, maka saat menulis sebenarnya juga memperkaya pengetahuan kita dari bacaan, dari mendengarkan para ahli, dan dari berbagai hal lain. Kemudian dari situ kita membuat atau menyusun sebuah informasi baru. 

Kurang lebih itulah alasan-alasan seseorang menulis. Saya akan melanjutkan penjabaran mengenai menulis ini di tulisan berikutnya.

Terima kasih banyak sudah menyimak tulisan ini. Selamat menulis.

Leave a Reply