Categories
Kiat (Tips)

Tentang Viral: Konstelasi atau Kembang Api

Apakah semua karya yang kita hasilkan harus menjadi viral? Kalau tidak, bagaimana seharusnya?

Saat ini, viral menjadi resep yang diinginkan hampir setiap orang. Terutama bagi mereka yang bermain di media sosial. 

Persoalannya, sebagian besar kita berharap akan terjadinya kesuksesan semalam. Membuat satu tulisan, satu video, satu foto, satu podcast, dan langsung meledak, menjadi viral.

Mereka mengharapkan kembang api yang meledak, cemerlang berpendaran, menerangi kegelapan, tetapi hanya sesaat saja.

Mungkin itu bisa saja terjadi, tetapi kemungkinannya kecil sekali.

Yang lebih mungkin adalah….

Seperti yang disampaikan oleh  Nicolas Cole dalam sebuah tulisannya di Medium, yaitu kita semestinya membuat konstelasi karya. Setiap karya, seperti bintang-bintang kecil yang berpendaran lemah di sudut tata surya. Kemudian saling terhubung dan akhirnya membentuk konstelasi bintang yang menerangi jagat raya.

Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana membuat konstelasi itu?

Jawabannya adalah menjadikan proses menghasilkan karya sebagai kebiasaan. Jika Anda blogger, maka membuat tulisan setiap hari; jika vlogger, maka membuat video setiap hari; jika memutuskan menjadi instagrammer, maka mengunggah satu foto setiap hari, terus dan terus….

Nicolas bilang, “Volume wins!”

Maksudnya, dia kini diikuti jutaan orang karena hasil karyanya yang tersebar di berbagai tempat, mulai dari Forbes, New York Times, hingga Inc. Namun, tentu saja semua itu tak dilakukannya dengan mudah. Sudah sepuluh tahun dia berkecimpung dalam dunia tersebut, ribuan tulisan, dan 10.000 kata yang ditulis setiap hari.

Sekarang, apakah Anda sudah memiliki gambaran cara membentuk konstelasi?

Jika sudah, mungkin yang menjadi persoalan selanjutnya adalah waktu dan kesabaran. Bisa jadi karena berbagai kesulitan Anda tak memiliki waktu untuk menghasilkan karya. Kemudian bisa jadi banyak karya yang sudah dihasilkan, tetapi tak satu pun yang menjadi viral.

Pertaruhannya tinggal: apakah Anda bersedia meluangkan waktu dan memiliki kesabaran untuk menyusun dan menunggu dengan sabar hingga konstelasi itu berwujud indah dan menerangi? 

Saat ini banyak peralatan komputer, gawai, hingga peralatan sederhana untuk mendukung Anda menghasilkan karya, entah itu menulis, membuat video, menghasilkan foto, dan lainnya.

Namun, yang paling penting tetaplah peralatan yang dimiliki oleh manusia, yaitu kedisiplinan, kebiasaan, konsistensi, dan kesediaan untuk menunggu.

Apakah Anda tahu apa konstelasi bintang yang ada di langit timur itu?

Leave a Reply